Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Bikin Tampilan Interior Mobil Bergaya Rally Style (2)

Otomotifnet - Selasa, 30 Juni 2015 | 16:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Mengadopsi gaya reli tentunya kurang pas jika tidak sekalian upgrade interior. Memang untuk kendaraan harian tidak perlu sampai kabin full roll-cage atau terondol. Cukup adopsi setir racing dan pedal set serta footrest, sudah cukup kok untuk awalnya, terpenting matching. Yuk simak apa yang perlu diperhatikan. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Pedal pada umumnya berbahan aluminium, tapi kalau mau high class beli carbon fiber


Pedal + Footrest


Bagian pedal biasanya tidak berbeda dengan balap lainnya. Terpenting nyaman diinjak dan tidak licin jika menggunakan sepatu, terlebih jika alas sepatu tersebut basah. Ukuran juga penting diperhatikan, jarak antara pedal tidak boleh terlalu dekat agar tidak salah menginjak pedal. Oh iya, sebaiknya pemasangan dilakukan dengan baut agar lebih aman tidak mudah lepas.

Desain footrest bisa sesuai selera kalau membuat secara custom


“Kalau model jepit biasanya tidak tahan lama, cepat lepas,” terang Chandra dari CMS Racing & Rally Parts di Mega Glodok Kemayoran, Jakpus. Memang perlu melobangi pedal standar tapi tentu tidak masalah, karena ketika mengembalikan ke kondisi standar akan tertutup oleh lapisan karet pedal bawaan pabrik.

Merek sangat beragam, umumnya yang universal adalah Momo, Sparco dan OMP. Jika spesifik dengan kendaraan bisa beli produk tuner, misalnya Mugen, TRD atau Ralliart. Soal harga untuk produk branded mulai dari Rp 700 ribu per set. Bahan pedal set yang banyak di pasaran menggunakan alumunium, namun jika ingin lebih eksotis, bisa lirik yang berbahan carbon fiber.

Soal footrest, barang ini ditempatkan di bagian navigator. Sesuai dengan namanya tentu supaya kaki navigator tidak cepat lelah karena durasi reli yang panjang. Bisa beli jadi dengan merek-merek yang tersedia di pasaran atau juga bisa membuat sendiri dari bahan alumunium agar ringan dan tidak karatan.

Kalau mau lebih murah bisa gunakan pelat besi, tentunya agar tidak karat sebaiknya dicat. Enaknya kalau custom bisa sesuai selera mau model seperti gimana. Ukuran footrest biasanya berkisar 30 cm x 40 cm. Pemasangannya sebaiknya menggunakan baut. Kalau sekadar gaya, bisa menggunakan double tape atau sealant langsung ke dek kendaaraan. Melepasnya nanti pasti lebih mudah.

Bicara harga relatif tergantung bahan dan desain. “Kalau saya buat dengan harga mulai dari Rp 600 ribu,” ungkap Dede dari Dede Custom Exhaust di bilangan Srengseng, Jakbar.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa