Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Bikin Tampilan Interior Mobil Bergaya Rally Style (1)

Otomotifnet - Selasa, 30 Juni 2015 | 13:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Mengadopsi gaya reli tentunya kurang pas jika tidak sekalian upgrade interior. Memang untuk kendaraan harian tidak perlu sampai kabin full roll-cage atau terondol. Cukup adopsi setir racing dan pedal set serta footrest, sudah cukup kok untuk awalnya, terpenting matching. Yuk simak apa yang perlu diperhatikan. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Setir


Pemilihan setir jelas penting, namun ada yang harus dikorbankan. Pastinya jika kendaraan sudah memiliki fitur airbag, jelas tidak akan berfungsi lagi. Pemilihan setir sebaiknya juga mementingkan kenyamanan. Soal model deep dish atau flat sangat tergantung selera. Kedua model ini tetap digunakan pada pacuan-pacuan WRC.

No caption
No credit
No caption

Strip tengah ini biasanya berwarna kuning atau merah supaya mudah terlihat


“Deep dish sebetulnya memiliki keunggulan sangat cocok buat reli, supaya ibu jari pengemudi tidak patah ketika melepaskan setir saat keluar dari tikungan-tikungan patah. Semakin tinggi kecepatan keluar tikungan, tentu setir akan berbalik arah dengan cepat,” jelas Irianto Wijaya, punggawa dan pereli tim R Speed yang bermarkas di Jaktim.

Boleh saja aplikasi quick release agar makin keren


Namun bukan berarti setir flat tidak bisa diaplikasi, lihat saja pacuan WRC masa kini, hampir semuanya menggunakan setir flat. “Sebaiknya juga pilih model setir yang ada strip di bagian lingkar atas. Untuk memudahkan arah setir ketika balapan, tentu saat balapan lebih mudah memperhatikan strip dibanding melihat spoke atau batang setir,” jelas Ferry, pemilik Standar Motor yang spesialis jual perlengkapan balap di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus.

Pelapis lingkar kemudi ini dibagi menjadi dua, bahan suede dan kulit. Untuk pemakaian harian sebaiknya pilih kulit, kalau suede memang ditujukan untuk balap. Bahan ini punya grip lebih maksimal saat digenggam. Biasanya untuk setir keluaran merek ternama seperti Sparco, OMP dan Momo dimulai dengan harga Rp 2 juta. Harga ini belum termasuk boss kit.

SELANJUTNYA...


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa