Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Nopol via Smartphone, Unduh di Google Play

Otomotifnet - Selasa, 16 Juni 2015 | 12:01 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Di era gawai saat ini tentunya semakin mudah dalam mencari informasi, tak terkecuali melacak nopol kendaraan. Berbagai aplikasi pengecekkan nopol kendaraan dapat diunduh melalui Android serta iPhone. Asyiknya lagi, tanpa dikenakan biaya alias gratis.

No caption
No credit
No caption

Aplikasi Plat Nomor Polisi menyediakan informasi terkait sejarah, nopol berdasarkan wilayah dan lain sebagainya


Konsepnya mirip seperti layanan cek nopol kendaraan yang dirilis oleh Mabes Polri. Kelebihannya, aplikasi di smartphone ini dapat sekaligus mengecek asal daerah dari huruf nopol serta inormasi mengenai sejarah dan lain sebagainya. Sehingga tak hanya mendapatkan database mengenai nopol kendaraan saja, melainkan juga menambah pengetahuan.

Aplikasi Cek Nopol bisa di unduh gratis, namun sayangnya aplikasi ini masih sering error


Salah satu aplikasi yang menyediakan fasilitas tersebut di gawai Android adalah Cek Nopol Kendaraan. Ada kok di Google Play. [Nonbreaking Space] Bisa untuk melakukan pengecekkan tinggal masukkan nopol, kemudian akan keluar rincian berupa tipe kendaraan, jatuh tempo pajak kendaraan, jatuh tempo STNK, tahun perakitan, harga jual kendaraan, wilayah kendaraan, besaran pajak kendaraan hingga biaya premi asuransi Jasa Raharja.

Aplikasi ini cukup berguna untuk mengetahui keabsahan nopol kendaraan. Tinggal ketik nopol yang bersangkutan kemudian akan keluar status berupa laporan tersebut. Alhasil bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, tinggal cek saja nopolnya. Namun sayangnya, aplikasi ini baru bisa digunakan untuk wilayah Jakarta dan Banten.

Untuk menambah wawasan, bisa juga mengunduh aplikasi Pelat Nomor Polisi. Diaplikasi ini Anda bisa mendapatkan informasi nopol berdasarkan wilayah, nopol pejabat Pemerintahan Pusat, nopol Korps Diplomatik dan Konsuler. Serta sejarah, spesifikasi teknik, warna pelat nomor dan lain sebagainya.

Developer aplikasi ini justru bukan dari Kepolisian Republik Indonesia, open source. Namun garapan individu maupun perusahaan swasta. Lantas dipertanyakan keabsahan serta validasi-nya, OTOMOTIF pun mencoba mengecek dengan memasukkan nopol. Hasilnya pun cukup valid, hanya saja harus beberapa kali mengulang. Pasalnya terdapat error notifikasi terkait data server.

Adanya aplikasi ini tentu sangat membantu, oleh karenanya coba dikonfirmasi ke Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Muhammad Igbal. Dirinya pun belum mengetahui adanya aplikasi ini. “Saya belum tahu, namun hal ini sebetulnya bagus jika tidak disalahgunakan. Mungkin yang membuat dari dinas pendapatan daerah,” ujar Kombes Pol Muhammad Iqbal.

Sebelumnya diketahui Polda Metro Jaya telah memiliki layanan SMS 1717 yang bisa digunakan untuk melacak keabsahan pelat nomor kendaraan. Selain itu bisa juga menyambangi website http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/INFO_PKB. • (otomotifnet.com)



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa