Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Cipali Resmi Beroperasi, Merak-Brebes Bisa Tol to Tol

Denta - Sabtu, 13 Juni 2015 | 13:52 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


CIKAMPEK
- Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Sabtu, 13 Juni 2015, di Pintu Tol Cikopo, Jawa Barat . Jalan tol  yang dibangun sejak 1 Februari 2013 ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Banyuwangi.

Proyek ini didanai 21 bank yang dipimpin Bank BCA, dengan nilai kredit  Rp. 8,8 Triliun. Turut hadir dalam kesempatan peresmian tol Cipali, ketua DPD RI Irman Gusman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa barat Achmad Heryawan, menteri Agraria Ferry Mursidan Baldan, Dubes Malaysia untuk Indonesia dan pejabat terkait.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengapresiasi para pengelola jalan tol yang sudah bekerja secara efesiensi. "Pengoperasian ruas tol Cipali dipastikan akan memperlancar akses dari Merak, Banten, hingga Brebes, Jawa Tengah. Begitu beroperasi, maka dari Merak (Banten) sampai Brebes (Jawa Tengah) bisa tol to tol,  terus melewati jalan tol, tegas Basuki Hadimuljono.



Cipali sejauh ini tercatat sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia. Yakni, membentang sejauh 116,75 kilometer dari Cikampek (Jawa Barat) hingga Brebes (Jawa Tengah). Jalan tol ini dioperasikan PT Lintas Marga Sedaya, yang kemudian menunjuk Konsorsium KG-NRC sebagai kontraktor utama proyek senilai Rp. 7,7 triliun ini.

Mengingat panjangnya tol Cipali, permukaan ruas tol ini membutuhkan kombinasi material berupa beton dan aspal. Permukaan jalan yang sudah 100% rampung ini dinyatakan sudah rata dan sesuai dengan spesifikasi yang dipersyaratkan Badan Pengguna Jalan Tol (BPJT).

Tingkat kerataan jalan (international roughness index/IRI) mencapai angka 2 atau kerataan dengan gelombang yang tidak membahayakan. (otomotifnet.com)

SELANJUTNYA...

Editor : Denta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa