Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nyicip Lamborghini Huracan LP610-4, Seakan Tersambar Petir Bekasi

Otomotifnet - Jumat, 17 April 2015 | 11:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Pernah liat meme kalau Bekasi jauh dari Jakarta? Jangan underestimate dulu. Di kota satelit ini justru OTOMOTIF berpuas menikmati generasi penerus Gallardo


Bekasi - Terkenang saat menjajal Gallardo LP550-2 di Shanghai International Circuit 2010 lalu. Ajakan Nanan Diana untuk mengetes Lamborghini Huracan LP610-4 miliknya jadi kesempatan spesial OTOMOTIFNET. Toh waktu tempuh menuju Grand Wisata relatif cepat. “Silakan mas, cobain langsung saja sepuasnya,” senyum Nanan.

No caption
No credit
No caption

Mesin V10 berkapasitas 5.204 cc punya tenaga lebih dari cukup kalau dijadikan besutan harian


Puas eksplorasi eksterior, jelas supercar yang hanya setinggi 1.165 mm ini tidak terlalu mengintimidasi ala ‘kakaknya’, Aventador. Dimensinya terbilang pas untuk sekadar jalan-jalan sore, bahkan tak menyusahkan kalau ingin dipakai harian. “Ini masih saya pakai hari-hari, biasanya bolak-balik ke Garut atau Bandung,” sambung pengusaha bidang properti ini.

No caption
No credit
No caption

Layar TFT 12,3 inci lengkap menampilkan ragam parameter mesin, termasuk kamera belakang saat mundur


Simpel & Praktis

Masuk kabin, awalnya sempat bingung dengan segala tombol yang ada. Begitu diamati, ternyata tak serumit itu. Panel untuk hiburan dan audio terletak di tengah, bersanding dengan pengatur fungsi AC. Layar 12,3 inci jadi spidometer dan menampilkan segala informasi soal mesin. Praktisnya, untuk mengaktifkan sein dan wiper, dipusatkan di setir.

No caption
No credit
No caption

Handling-nya menyenangkan, tak terlalu buas dan masih nyaman untuk rute dalam kota


Menghidupkan mesin tinggal pencet tombol, langsung suara dari mesin V10 berkapasitas 5.204 cc yang diposisikan di tengah berderum halus. Dilengkapi teknologi Iniezione Diretta Stratificata (IDS) alias sistem direct injection yang diambil dari ‘saudaranya’ Audi, demi memenuhi regulasi Euro6. Tapi, hanya saat idle mesin ini terbilang kalem. Sisanya, siap-siap aja detak jantung bertambah.

No caption
No credit
No caption

Di balik pelek 20 inci, tersembunyi rem cakram keramik 6 piston


“Saya seting supaya saat lepas gas terdengar suara menggelegar. Lebih cocok dengan jiwa saya,” urai ayah dari 2 putra dan putri ini. Benar saja, injak hingga kisaran 7.000 rpm lalu lepas pedal gas. Suara kasar khas Lamborghini langsung bikin serasa jadi anak kecil yang ketemu mainan kesayangan.

No caption
No credit
No caption

Sudah andalkan lampu full LED, paling nikmat mendengarkan raungan knalpot saat pedal gas dilepas


Coba berakselerasi, transmisi 7 percepatan kopling ganda Lamborghini Doppia Frizione (LDF) yang diteruskan ke seluruh roda bikin kepala menempel di jok. Sesaat, terasa ngilu di perut seperti ada yang tertinggal di belakang. Seakan ada petir yang menyambar. Padahal, mode berkendara masih di kategori Sport alias normal. Belum masuk ke Corsa atau Strada yang lebih gila lagi.

No caption
No credit
No caption

Nanan. Saya lebih suka bermain di putaran 4.000 sampai 5.000 rpm


Sayangnya, kondisi jalan di sekitaran Grand Wisata bergelombang. Namun hebatnya, suspensi yang dinamakan magneto-rheological berisi cairan dan bisa diatur untuk memberikan efek berbeda. Masih terasa ayunan karena kontur jalan, namun tidak sekeras sampai bikin eneg.

No caption
No credit
No caption


Diuji di tikungan, sistem penggerak all wheel drive Huracan bikin traksi berlimpah. Memang tidak terlalu kencang karena lokasi yang terbatas, tapi jelas ban seakan tak mau lepas dari aspal dan setir selalu menuruti ke mana saja diarahkan. • (otomotifnet.com)

Arti Nama


Huracan LP610-4 bukan sekadar angka bagi Lamborghini. Huracan sendiri berarti hurricane atau badai dengan angin kencang. Bagi suku Maya, juga sebagai dewa angin, petir dan api.Namun, tak lepas dari ciri khas Lamborghini selama ini yang selalu menamakan tipenya dari banteng aduan Spanyol. Huracan adalah nama banteng yang bertarung pada era 1879 silam.

Sementara LP berarti longitudinal posteriore atau posisi mesin yang berada di tengah, antara jok dan roda belakang. Angka 610 sendiri menunjukkan tenaga sebesar 610 PS, dan angka terakhir yakni 4, menunjukkan sistem penggerak all wheel drive.

Sebagai penerus Gallardo, Huracan punya spesifikasi mesin sama-sama V10 berkapasitas 5.200 cc. Namun besaran tenaganya sudah meningkat signifikan, dari 550 PS menjadi 610 PS alias 601 dk!



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa