Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Paket Salon Mobil Pasca Kebanjiran

Otomotifnet - Jumat, 27 Februari 2015 | 11:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Efek hujan yang turun beberapa waktu lalu yang menyebabkan banjir di Jakarta membuat mobil banyak yang ikut terendam. Tidak hanya bagian luar, air juga masuk ke dalam kabin. Efeknya interior ikut terkena imbas air kotor. Sehingga kabin jadi lembab dan bau. Mulai dari karpet sampai jok. Bahkan door trim juga ada yang ikut rusak.

Solusinya mobil harus dibawa ke salon mobil untuk membersihkannya. Bukan sekadar mengeringkan berbagai komponen yang basah, mengusir potensi kuman juga wajib adanya.
Sejumlah penyedia jasa pembersih kabin sudah menyiapkan beberapa paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption


EXCELLENT CAR WASH AND BODY CARE

“Jangankan banjir, kecoa pun bisa hilang karena nanti semuanya dibongkar,” jamin Denny Andriyanto sang penggawang. Jenis mobil yang berbeda-beda, membuat Denny akan mengenakan biaya yang berbeda untuk setiap tipe mobil yang ditanggani.

Paket yang diberikan dibagi menjadi berdasarkan 4 tipe mobil. Tipe small seperti mobil seperti Honda Jazz maupun dan Toyota Yaris dengan harga Rp 350 ribu. Tipe medium atau sedang seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Toyota Rush dengan harga Rp 400 ribu.

Terakhir, tipe Large atau besar untuk mobil seperti Honda CR-V, Toyota Fortuner, dan Mitsubish Pajero dengan harga Rp 450 ribu. Sedangkan untuk mobil berukuran extra large seperti Toyota Alphard, Hyundai H1, dan Toyota Land Cruiser dikenakan biaya Rp 500 ribu.

Setiap masing-masing paket itu akan dikenakan biaya tambahan lagi sebesar Rp 200 ribu bila sampai harus lepas karpet dasar, dan tambahan Rp 400 ribu bila banjir sampai merendam jok mobil. “Waktu pengerjaan biasanya satu minggu, kita mengandalkan sinar matahari tidak pakai alat apapun untuk pengeringan.

Itu yang membuat proses lama,” jelas Denny mengakhiri perbincangan.

Excellent Car Wash And Body Care
Jl. Pelita Abdul Majid No. 5A, Cipete Utara. Jakarta Selatan.
Telp. 021-7210088

No caption
No credit
No caption


DETAILER

Soal bau tak sedap hingga jamur, termasuk kotoran beserta lumpur akan mengendap di dasar kabin hingga jok mobil jamak ada di mobil yang terendam banjir. “Jika mobil terendam hingga menyentuh lantai kabin, maka karpet dasar perlu dibongkar. Kemudian di cuci hingga benar-benar bersih dan kering,” urai Lukman Joe, founder Detailer.

Jenis karpet dasar pun berbeda-beda tiap jenis serta merek mobil, terutama mobil Eropa yang karpetnya dilengkapi busa tebal. “Mobil Eropa, nyuci karpetnya enggak cukup sekali. Bisa sampai 3 kali pencucian.

Soal biaya berkisar Rp 1 jutaan,” sambung Joe, seraya bilang di workshop-nya kini tengah mengantri 23 mobil korban banjir yang mayoritas terjebak banjir di wilayah Kelapa Gading Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Rekondisi kabin mobil yang terendam banjir juga tak asal copot. Namun perlu memperhatikan soket-soket kelistrikan yang umumnya terdapat di lantai. “Soket-soket ini harus dibersihkan. Caranya dengan mencabut satu persatu kemudian disemprot cairan contact ataupun penetrant.

Dikenakan biaya tambahan yang berkisar Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu, tergantung jenis dan merek mobilnya. Mobil Eropa umumnya punya banyak soket kelistrikan,” lanjut Joe. Jika banjir sampai merendam jok, maka jok harus dibongkar untuk dibersihkan dan dikeringkan.

 “Kulit jok dibongkar, busa jok beserta rangkanya dibersihkan. Umumnya kulit jok diganti, sebab bahan leather atau sintetis akan rusak jika terendam air. Biayanya untuk 1 baris jok Rp 1 juta. Proses rekondisinya cukup lama, bisa satu bulan. Sebab nyucinya agak susah, kemudian pengeringannya lama terlebih jika kondisi cuaca mendung, kecuali pakai oven,” imbuh pria ramah ini.

Kalau ketinggian banjir menyentuh pintu, maka door trim mutlak dibuka. “Pada bagian door trim terdapat glasswool yang harus diganti jika terkena air banjir. Tiap 1 meter glasswool dihargai Rp 50 ribu. Ongkos pengerjaan tiap 1 pintu Rp 100 ribu,” tambah Joe, sambil menambahkan bagian bodi luar cukup dicuci steam saja.

Detailer
Mall MGK Kemayoran Lt. 8, Blok E, Jl. Angkasa Kav B-6, Kemayoran, Jakarta Pusat. Telp. 021-29371037

No caption
No credit
No caption


AUMOS AUTO

“Untuk paketan tahun ini Rp 1 juta untuk interior, dan eksterior kena biaya tambahan Rp 500 ribu. Interiornya dibersihkan sampai karpet dasar, jok-jok dilepaskan dan dibersihkan, sedangkan untuk eksterior bagian mesin, bodi dan lain-lain,” ujar Dian Nisa, pengurus Aumos Auto.

Aumos Auto tidak hanyak meberikan pasca banjir, masih banyak lagi paketan-paketan yang ditawarkan untuk pengguna mobil untuk sekalian merawat kendaraannya. “(Pilihan) Salon mobil ataupun perawatan umum interior-eksterior untuk  mobil kecil sampai mobil sport ditaksir harganya Rp 800–Rp 3 juta,” tambah Nisa.

Aumos Auto
Jl. Tanjung Barat No.2b Lenteng agung, Jakarta Selatan. Telp. 021-7801177/707 60351.



C3

"Kami menerima pengerjaan mobil pasca banjir yang terendam dengan lama pengerjaan 5 - 14 hari tergantung dari kondisi kendaraan yang terkena banjir. Paket banjir ini bisa ditemui di seluruh car care center C3 yang tersebar di seluruh Jakarta, jelas Aretho W.S, Operation Development Manager C3.

Sebagai catatan C3 hanya menangani pembersihan kendaraan, tidak mengerjakan elektrikal kendaraan serta pembongkaran dasbor kendaraan. Untuk kendaraan terendam keseluruhan sebaiknya mendahulukan perbaikan mesin elektrikal terlebih dahulu dan biaya pembersihan dilakukan penambahan sesuai kondisi yang ada di lapangan.

C3 memberikan paketan banjir pengerjaan interior secara keseluruhan yang dikenai biaya Rp Rp 1,6 – 2,3 juta tergantung ukuran mobil. Yang meliputi pengerjaan keringkan karpet, pembersihan jok terendam, interior care, sampai penggantian peredam. Untuk pembersihan bakteri yang tertinggal menggunakan bahan ozone serta anion (02).  

C3
Jl. KH. Mas Mansyur 140-141, Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat
Telp.021-70229333/0818135315

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa