Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi New Toyota Hilux D-Cab 2.5 Diesel V A/T dan New Mitsubishi Strada Triton Exceed AT Hi-Power

Otomotifnet - Selasa, 17 Februari 2015 | 15:03 WIB
No caption
No credit
No caption

Kendaraan ‘kerja' sekalipun memiliki kasta tertinggi yang siap dipakai gaya untuk aktivitas dalam kota

Jakarta - Keduanya akan jarang ditemui pada habitat aslinya, kawasan fleet. Sebab New Toyota Hilux D-Cab 2.5 Diesel V A/T dan New Mitsubishi Strada Triton Exceed AT Hi-Power ini dibekali dengan beragam kenyamanan dan fitur terkini.

Karena akan lebih banyak ditemui pada jalan dalam kota, maka wajar jika keduanya menawarkan hal yang diluar kebiasaan. Seperti tenaga besar, fitur layaknya sedan. Ditambah sisi safety. Keduanya lebih cocok bagi yang ingin tampil gagah, galak dan garang, namun masih ingin mendapatkan kenyamanan serta kepraktisan yang tinggi. • Tim OTOMOTIF

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption


safety

Guna meningkatkan safety, kedua d-cab ini sama-sama dibekali 2 airbag di depan, masing-masing untuk pengemudi dan penumpang. Lalu seat belt pakai model 3 titik dengan pretensioner. Sementara penumpang belakang dibekali 3 seat belt, 2 model 3 titik dan 1 yang tengah 2 titik saja.

Perbedaan ada di fitur safety pengereman, berdasarkan data spesifikasi New Hilux hanya pakai ABS, sedang New Strada Triton lebih unggul dengan adanya ABS dan EBD.


No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption


akomodasi

Ada dua hal utama bicara akomodasi di d-cab, pertama menyangkut penumpang di dalam kabin, kedua daya tampung bak. Hal pertama berhubungan dengan kemudahan penumpang depan maupun belakang saat membawa barang, seperti dompet, tas kecil maupun botol minuman yang tentu saja dihubungkan dengan jumlah storage dan cup holder.

Bicara storage, ternyata New Strada Triton punya lebih banyak yaitu 18 buah, sedang New Hilux hanya 16. Namun untuk cup holder New Strada Triton hanya 6, sedang New Hilux ada 9 buah. Jadi cukup seimbang nih untuk akomodasi di dalam kabin.

Beda cerita dengan daya tampung bak belakang, ternyata New Hilux lebih lega dengan dimensi panjang 152 cm, lebar 151,5 cm dan tinggi 45 cm. Sedang New Strada Triton hanya 131 cm x 146 cm x 46 cm (P x L x T). Jadi secara keseluruhan akomodasi New Hilux lebih unggul.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption


kenyamanan

Soal kenyamanan berhubungan dengan kelegaan kabin, jok dan redaman suspensi. New Hilux sedikit lebih sempit. Tapi jangan khawatir, penumpang dewasa duduk di belakang pun masih tergolong nyaman, lutut enggak mentok jok depan.

Sementara naik New Strada Triton, lebih nyaman karena didukung kabin lebih lega, untuk penumpang belakang sekalipun, karena kabin lebih panjang, walaupun konsekuensinya bak belakang Triton lebih pendek.

Redaman suspensi keduanya tak beda jauh, sama-sama khas d-cab. Yang pasti duduk di depan lebih nyaman karena suspensi depan pakai per keong, sedang di belakang lebih ajrut-ajrutan karena suspensi belakang model daun, apalagi saat bak tak ada muatan. Overall, New Strada Triton memberikan kenyamanan lebih dari pesaingnya.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption


Style

Keduanya menawarkan style yang beda. New Strada Triton hadir dengan garis yang lebih melengkung sehingga terlihat lebih manis. Sedang New Hilux cenderung lebih kaku karena mengotak, jadi terlihat biasa saja.

Sementara itu di interior New Strada Triton hadir dengan balutan warna hitam kombinasi silver, kesan yang terlihat jadi lebih mewah sekaligus gagah. Sementara New Hilux dibalut warna coklat dan silver, cukup mewah tapi biasa saja. Jadi secara garis besar untuk style New Strada Triton lebih unggul dibanding New Hilux.

No caption
No credit
No caption


konsumsi

Kedua d-cab ini memiliki teknologi mesin diesel common-rail dengan variable turbo. Jika dilihat dengan bobot serta dimensinya, konsumsi bahan bakar yang dihasilkan cukup wajar. Tidak bisa dibilang efisien namun juga tidak masuk kategori boros. Angkanya tidak bergerak terlalu jauh dari 10 kilometer untuk 1 liter bahan bakar diesel.

Bagaimana dengan konsumsi luar kota? Sebab tidak bisa dihindari, kedua d-cab tangguh ini juga sesekali akan dipakai keluar kota. Maklum, karena dibekali dengan transmisi otomatis yang jelas akan memanjakan pengendaranya. Untuk urusan ini juga terbilang masih wajar dengan performa yang dihasilkan. Urusan konsumsi ini, New Hilux lebih unggul dibanding New Strada Triton. Meski perbedaannya tidak terlalu banyak.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption


fitur

Siapa bilang mobil ‘bak' tidak memiliki fitur berlimpah? Hal tersebut tidak berlaku pada kedua double cabin ini. ‘Kelas' double cabin ini memang bukan untuk beroperasi di fleet. Melainkan lebih kepada penggunaan bagi para bos fleet atau juga konsumsi dalam kota. Sebab itu, fitur yang disematkan tergolong banyak.

Agak sulit menentukan pemenang pada fitur jika hanya dilihat sekilas. Sebab rata-rata memiliki kesamaan dalam paket standarnya. Seperti adanya defogger pada kaca belakang, lampu rem di pintu bak, lampu kabut dan lainnya.

Namun, OTOMOTIF mendapati kalau New Hilux ini memiliki fitur yang lebih banyak dibanding New Strada Triton. Memang hanya berupa detil kecil, namun tetap menjadi perhitungan. Seperti di New Hilux, lampu peringatan safety belt passenger akan menyala jika penumpang kiri tidak menggunakan alat keselamatan tersebut.

Adanya spion tambahan di ujung kap mesin juga membantu pengendara New Hilux memantau kondisi depan mobil yang tak bisa terlihat. Sementara itu, pada New Strada Triton posisi ketinggian jok dapat disetel. Ini membantu pengendara mendapatkan posisi duduk yang pas dan nyaman untuk berkendara.

No caption
No credit
No caption
 

harga

Dana yang dikeluarkan untuk mendapatkan unit kendaraan jelas akan menjadi salah satu perbincangan hangat. Terlebih jika harga antar keduanya lebih dari Rp 10 juta. Jelas konsumen akan memiliki pertimbangan lebih untuk memilihnya.

Nah, perbedaan harga keduanya cukup mencolok. Keduanya juga merupakan kasta tertinggi. Sama-sama dibekali dengan transmisi otomatis, sistem 4x4 dan kenyamanan lain.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai produsen dari New Triton mematok harga Rp 387 juta. Sementara PT Toyota-Astra Motor, yang mengeluarkan New Hilux mematok harga Rp 402 juta. Toyota lebih tinggi Rp 15 juta dibanding Mitsubishi untuk bermain di kelas yang sama dan kasta tertinggi.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

Performa

Keduanya memiliki teknologi mesin yang relatif sama. Kapasitas 2.500 cc, dengan variable turbo. New Strada Triton menyebutnya dengan VGT (Variable Geometry Turbo) sementara New Hilux memanggilnya VNT (Variable Nozzle Turbo).

Saat dilakukan pengetesan, New Strada Triton memiliki entakan tenaga yang lebih terasa. Salah satu indikatornya, ketika pedal gas diinjak tiba-tiba, gaya dorong mobil menjadi sangat terasa. Namun untuk New Hilux, bukan berarti tidak terasa, hanya saja lebih lembut.

Wajar saja sebab mesin 2KD yang dipakai oleh New Hilux memiliki tenaga 144 dk/3.400 rpm dengan torsi 341,6 Nm/1.600-2.800 rpm. Sementara New Strada Triton dibekali mesin 4D56 yang mengeluarkan tenaga 178 dk/4.000 rpm serta torsi 350 Nm/1.800-3.500 rpm. Dilihat secara spesifikasi, New Hilux memang harus mengakui keunggulan New Triton.

No caption
No credit
No caption


Kesimpulan

Punya akomodasi lebih lapang, konsumsi lebih efisien dan fitur lebih lengkap. Sayang sekali New Hilux harus mengakui kelebihan New Strada Triton untuk nilai keseluruhan. Sebabnya, di 5 parameter penilaian, mulai dari performa, safety, harga lebih murah, style dan kenyamanan untuk penumpang. New Strada Triton unggul tipis 2 poin dari pesaingnya.

Nah, tinggal calon pemiliknya mau digunakan seperti apa kedua d-cab ini? Hilux terasa lebih efisien berkat konsumsi lebih irit. Tapi, kalau masih mencari performa mumpuni dengan harga lebih beli lebih murah. Tak ada salahnya New Strada Tritoon jadi pilihan.

Siap bergaya walau pakai bak?

Data test
Mesin                  New Toyota Hilux                   New Mitsubishi Triton
0-60 km/jam               5 detik                                4,5 detik
0-100 km/jam              12,3 detik                           10,7 detik
40-80 km/jam              5 detik                               4,5 detik
0 - 200 meter             11,7 detik                            11,2 detik
0 - 402 meter             18,3 detik                            17,6 detik


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa