Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression Porsche Cayenne & Porsche 911 Targa 4S

Otomotifnet - Jumat, 13 Februari 2015 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

BUKAN SEKADAR FACELIFT
Pesaing BMW X5 dan Mercedes ML Class kini disegarkan untuk pasar Indonesia, selain itu varian 911 terbaru dengan atap ikonik juga hadir

Jakarta - Kamis (29/1) silam, PT. Eurokars Artha Utama sebagai distributor tunggal Porsche di Indonesia merilis dua mobil sekaligus. Yang pertama adalah SUV andalan Porsche selama 12 tahun lebih, Cayenne dan tipe sport yang identik dengan bukaan atap ikoniknya, 911 Targa.

Hadirnya versi terbaru dari SUV besar Porsche tentu untuk menjawab tingginya permintaan pasar. “Penjualannya dari sejak diperkenalkan pada 2002 sudah melebihi estimasi kami, lebih dari 580 ribu unit secara global,” jelas Calista Tambajong, Public Relation Manager Porsche Asia Pasifik.

Sedangkan untuk 911 Targa 4S, Eurokars ingin menghadirkan salah satu varian Porsche paling legendaris yang kembali dihidupkan semanjak kelahiran pertamanya 1965 silam. “Porsche 911 Targa 4S merupakan salah satu tipe yang terkenal di Amerika karena sangat berkelas dan nyaman untuk digunakan,” ujar Christoph Choi, Managing Director PT. Eurokars Artha Utama.

Nah, simak impresi pertama keduanya. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption


Porsche 911 Targa 4 S

Ketika tirai yang menutupi dibuka, lampu LED baru Cayenne langsung menerangi Ballroom Ritz Carlton yang saat itu sedang digelapkan. Ya, lampu depan dengan bohlam LED merupakan salah satu fitur baru Cayenne.

No caption
No credit
No caption

Mesin 4,8L V8 bi-turbo mampu mebuat SUV berbobot 2,2 ton ini melesat dari 0-100 4,5 detik


Meskipun LED menghasilkan intensitas tinggi, tetapi Porsche menggunakan 3 reflektor untuk terlebih dahulu memantulkan cahaya yang dihasilkan, sehingga tidak akan
menyilaukan pengendara lain.
No caption
No credit
No caption

Setir baru 3 Spoke dilapisi kulit dengan aksen krom dan black piano. Instrument cluster juga mengguna-
kan 5 bulatan khas Porsche

Menengok ke samping, Porsche memberi pelek palang 10 berukuran 21 inci dengan aksen brushed metal ditemani ban Michelin Latidude Sport. Di baliknya, rem cakram dengan kaliper merah Porsche siap menghentikan SUV berbobot 2,2 ton ini dari kecepatan 100 kpj kurang dari 120 m.

Pindah ke buritan, 4 lubang knalpot beraksen brushed metal memastikan siapapun yang berdiri di belakangnya akan merinding mendengar raungan khas mesin V8.

No caption
No credit
No caption

Transmisi 7 percepatan PDK ( Poscho Dopplekuplung), salah satu pemindah gigi dengan dua kopling tercepat


Berbicara soal raungan, di bawah kap mesin, Porsche Cayenne Turbo memiliki mesin 8 silinder berkonfigurasi V, berkapasitas 4.800 cc, itupun masih di-support 2 turbo dan dihubungkan ke transmisi otomatis 8 percepatan.

No caption
No credit
No caption

Bentuk atap Targa serupa dengan generasi pertama dan keduanya, hanya saja membukanya kini hanya tahan tombol selama 19 detik


Hasilnya? Output tenaga maksimum 520 dk pada 6.000 rpm dan torsi gambot 750 Nm, memastikan mobil ini dapat melesat dari 0-100 kpj hanya dalam 4,5 detik, tetapi masih memberikan konsumsi BBM yang efisien hingga 8,7 km/l (klaim).



Soal interior, pabrik Porsche di Leipzig, Jerman, memastikan semua detail Cayenne dikerjakan dengan sempurna. Warna hitam dan merah mendominasi kabin yang menciptakan aura sporty. Terdapat setir baru palang tiga berlapis kulit dengan aksen chrome dan piano black. Layout instrument cluster khas Porsche dengan 5 bulatan tetap hadir. •

Porsche 911 Targa 4 S

Karena 911 Targa merupakan salah satu produk Porsche yang paling legendaris, Eurokars tentu tidak mau proses launching hanya biasa saja. Setelah tirai Cayenne diturunkan, tiba-tiba gemuruh keras terdengar dari samping panggung. Sumbernya, raungan knalpot 911 yang dijalankan ke depan panggung.

Langsung terlihat kaca belakang melengkung tanpa pilar C dengan atap soft top. Kemudian Calista Tambajong dan Chrisoph Choi keluar dari sport coupe tersebut, sambil membuka atap Targanya.

Kaca belakang bersama pilar B terangkat dan menggeser ke bagian belakang, lalu diikuti atap soft top yang terangkat lalu terlipat rapi ke area di depan mesin. Kemudian kaca belakang kembali tertutup. Semua proses tersebut berlangsung selama 19 detik dan tombol untuk membuka atap perlu terus ditahan.

Para fanatik Porsche pasti langsung memperhatikan bentuk atap soft top dan pilar kini berbeda dengan atap Targa generasi sebelumnya yang menggunakan kaca. Bentuknya justru sama dengan pendahulu di generasi pertama dan keduanya.

Pada bagian belakang, lubang udara pendingin kap mesin jadi ciri khas 911. Di bawahnya, mesin 3,8 liter inline 6 silinder yang dihubungkan transmisi 7 percepatan PDK (Porsche Dopplekuplung), menghasilkan tenaga hingga 400 dk. Klaim Porsche, 911 Targa 4 S ini dapat melaju dari 0-100 kph hanya dalam 4,4 detik, sambil menghabiskan bahan bakar 10,5 hingga 11,5 km/l.

Sama seperti varian Porsche lainnya, jika tertarik meminang, harga 911 Targa 4 S ditetapkan by order. •




Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa