Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Diskon Mobil Baru Akhir Tahun, Potongan Hingga Rp 50 Juta

Dimas Pradopo - Jumat, 28 November 2014 | 10:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Jelang pergantian tahun perang diskon kembali memanas dari dealer-dealer mobil berbagai merek. Walaupun sudah menjadi hal yang biasa setiap tahunnya, tetapi kali ini nampaknya akan lebih panas. Lantaran penjualan mobil baru memang lagi tak bergairah sejak beberapa bulan lalu.

Efek lainnya akibat nilai tukar Rupiah yang melemah terhadap Dollar dan kenaikan BBM ikut menambah konsumen menunda pembelian. “Selain itu jika semakin lama menyimpan mobil, dealer akan semakin menumpuk biaya logistiknya, makanya banyak yang memberikan diskon hingga puluhan juta Rupiah,” ungkap Kemas Henry Kurniawan, Communication & Digital Marketing Department Head Auto2000.

Dirinya menambahkan jika mobil tertahan sampai tahun depan VIN (vehicle identification number) code-nya yang 2014 akan ikut mengurangi nilai jual.
Asyiknya meski sudah ditetapkan besaran diskon yang diberikan, jika konsumen serius bisa bertambah lagi angka potongannya. Nah guna mengetahui seberapa besar sih diskon yang bisa didapat, otomotifnet.com melakukan kunjungan ke beberapa dealer untuk mencari bocoran.  (mobil.otomotifnet.com)


Toyota
“Resminya jika di Auto2000 pemberian diskon akhir tahun berkisar Rp 16-18 jutaan, tergantung tipe mobil,” ucap Kemas. Diberikan kepada All New Toyota Avanza, Kijang Innova, dan Rush. Khusus Toyota Agya hanya diberikan diskon Rp 2 juta. Alasannya karena permintaan masih tinggi.

Namun kalau konsumen berminat dan terlihat serius, besaran diskon bisa ditambah lagi. “Saya bisa kasih potongan lebih dari Rp 20 juta kalau mas serius,” ujar salah seorang sales Auto2000 di Jakarta ketika otomotifnet.com menanyakan potongan harga Toyota Avanza. Bahkan ketika berkunjung ke dealer lain ada yang berani lebih tinggi lagi hingga Rp 25 juta lebih. Wow...


Nissan
Diskon harga yang diberikan untuk para calon pembeli tergolong cukup menggiurkan. “Hampir semua model kami berikan diskon, hanya model tertentu saja yang tidak ada diskon seperti All New X-Trail,” beber salah seorang sales Nissan di Jakarta.

Untuk Nissan Evalia diskonnya di kisaran Rp 12 juta, All New March diskon Rp 17-25 juta, All New Grand Livina diberi diskon Rp 20-25 juta, Juke diskon Rp 30 juta, New Teana diskon Rp 25 juta, Frontier Navara diskon Rp 15 juta. “Diskon terbesar yang diberikan ada pada All New Serena mencapai Rp 50 juta,” promosi Amalia, bukan nama sebenarnya, Sales Counter, Nissan di Jakarta.


Daihatsu
Khusus Daihatsu malah ada yang terang-terangan menempelkan pengumuman di depan showroom-nya bahwa sedang ada diskon akhir tahun hingga Rp 25 juta. Untuk pembelian Xenia akan mendapat potongan sebesar Rp 27 juta. “Tapi yang manual ya mas, kalau yang matik hanya kena Rp 25 juta,” ujar Rina, sebut saja begitu, salah satu sales counter dealer Daihatsu di Jakarta. Promo berlaku hingga akhir Desember 2014.

Jadi kalau mau meminang Xenia R MT 1.3 DLX seharga Rp 173.450.000, silahkan bayar Rp 146.450.000 Lumayankan… Khusus Daihatsu Ayla potongan diberikan sebesar Rp 7 juta untuk tipe X MT atau tipe terendahnya. Sedang tipe lainnya hanya diberikan potongan Rp 5 juta. Tapi enggak menutup kemungkinan untuk tambah lagi, lo…


Honda
Diskon harga yang diberikan oleh Honda hanya ada pada model-model tertentu saja, seperti Honda Freed diberi diskon sampai Rp 15 juta dan CR-V diskon sampai Rp 20 juta. Sedangkan untuk varian lain tidak ada diskon.

“Varian lain tidak ada diskon, misalpun ada hanya sedikit sekali. Seperti Honda Brio atau Jazz diskonnya sekitar Rp 1-2 jutaan saja,” jelas sebut saja Wina, salah seorang sales Honda di Jakarta.


Suzuki
Menjelang akhir tahun, Suzuki cukup banyak memberikan diskon untuk para konsumen. Seperti Grand Vitara yang diskon hingga Rp 20 juta, Swift Sport diskon Rp 40 juta, All New Swift Rp 7 juta, APV Rp 15 juta, Ertiga Rp 19 juta dan Splash diskon hingga Rp 16 juta.

“Untuk Karimun Wagon R ada diskon, tapi nilainya cukup kecil,” tutur salah seorang sales Suzuki di wilayah Jakarta. Untuk Karimun Wagon R tipe GL diskonnya Rp 7 juta, tipe GX Rp 5 juta, Dilago Rp 3 juta dan tidak ada diskon untuk Karimun Wagon R GS.

Mitsubishi
Sementara untuk Mitsubishi potongan harga yang diberikan rata-rata sekitar Rp 18 - 25 jutaan. “Kita masih tahan enggak terlalu besar karena stok juga tinggal sedikit,” ungkap Bagus Marsetiadi, CSO Manager PT Srikandi Diamond Motors dealer resmi Mitsubishi di Mampang, Jaksel.

Untuk Mitsubishi Mirage dapat potongan Rp 20 juta, Pajero diskon Rp 25 jutaan sedang Outlander diskon Rp 18 - 20 juta. “Rata-rata untuk dealer Srikandi seperti itu,” tambah Bagus. Tapi enggak menutup kemungkinan bisa nambah lagi kalau konsumen serius.


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa