Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penulis Komik Darren Gallagher Terinspirasi Dukes of Hazzard

Jumat, 17 Oktober 2014 | 10:07 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

"Saya jatuh cinta pada mobil klasik seperti muscle car General Lee dari serial televisi populer ‘Dukes of Hazzard’ yang terkenal di tahun 1979 hingga 1990-an. Memiliki mobil jenis itu adalah impian saya sedari kecil," ujar Darren Gallagher (38) penulis komik Ignition 8 yang bercerita berlatar belakang kehidupan petualang di alam Outback Australia yang bertema otomotif. Caranya dengan menyelipkan gambar mobil-mobil klasik miliknya, keluarga dan teman-temannya. Seperti Dodge Coronet V-440, Ford Falcon (X/T) 1968 biru milik ayahnya, Ford Fairmont (X/T) 1968 merah milik kakaknya dan Holden HQ 1970 milik teman dekatnya.
No caption
No credit
No caption


Lantaran cintanya itu pria Australia mantan tentara selama 15 tahun di Royal Australian Navy dan Royal Australian Air Force itu melakukan perjalanan selama 3 minggu ke Amerika Serikat. Tujuannya untuk menemui semua pemeran film kesayangannya itu. Perjalanan dilakukan dengan menggunakan mobil Ford Crown Victoria.

“Semua kisah perjalanan itu saya buat menjadi sebuah buku berjudul “Don’t Pull a Knife in Texas,” jelas Darren saat ditemui di acara penggiat komik, animasi, film, mainan, figur, dan karya-karya turunan lainnya di festival Popular Culture Convention (Popcon) Asia di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta Selatan (21/09).

Kecintaannya pada dunia otomotif terutama mobil klasik semakin menjadi saja setelah dia juga terjun sebagai jurnalis media otomotif di Australia.

No caption
No credit
No caption


Nah dalam mendukung karya komiknya tadi Darren sampai merestorasi mobil bekas Dodge Coronet 1968 miliknya. Mesin di upgrade dari tenaga awal 318 dk (5.200 cc) menjadi 440 dk (7.200 cc). Sekarang angka 440 itu sendiri dipakai menjadi pelat nomor mobilnya. “Kebanyakan komponen beli di Amerika dengan menghabiskan dana kurang lebih Rp 400 jutaan,” ujar ayah seorang anak yang bernama Ajay ini.


Nah, dari petualangan dan restorasi mobil inilah Darren menjadikannya sebagai kesatuan kisah cerita dalam bentuk buku dan komik. Hebatnya pria yang juga aktor ini berkerjasama dengan Heru Jalal (penciller & inker) dan Azam (coloring) dari Yogyakarta, Indonesia. “Saya menemukan mereka dari talent artist di internet. Setelah saya hubungi ternyata nyambung dan paling penting mereka juga suka mobil,” ujar pria yang juga bisa berbahasa Indonesia ini.

Komik yang dipersembahkan kepada tiga guru seninya waktu SMP ini diselesaikan dalam waktu 8 bulan melalui komunikasi internet dari Sidney dan Yogyakarta. Mulai dari konsep, layout, pencil, ink, coloring sampai proses cetak di Jogja. “Dalam pengerjaanya paling banyak mengalami revisi bentuk dan detail mobil. Karena Darren memang hobi otomotif dan sangat mengerti hal-hal itu,” ujar Heru Jalal sang penciller.

Rencananya komik ini akan terbit dalam beberapa bahasa. Seperti, Inggris, Indonesia, Jepang, Jerman dan Yunani. “Indonesia adalah negara pertama komik ini diperkenalkan,” beber Darren yang tahun depan akan menerbitkan edisi kedua dan akan datang lagi ke Indonesia. (mobil.otomotifnet.com)



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa