Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Food Truck, Mobil Pun Jadi Ikon Sekaligus Restoran Berjalan

Minggu, 7 September 2014 | 14:18 WIB
No caption
No credit
No caption

Banyak cara dilakukan pemilik usaha kuliner untuk menarik minat pembeli. Salah satunya dengan membuat tempat yang unik dan berbeda. Seperti menggunakan mobil sebagai ikon dan tempat untuk berjualan. Asyiknya mobil yang digunakan sudah dilengkapi dengan dapur layaknya restoran.

Selain mangkal disuatu tempat, beberapa diantaranya juga berkeliling untuk menyambangi konsumennya. Pemasaran yang dilakukan pun tidak kalah kreatif. Media sosial menjadi sarana penyebaran promosi. Mengabari pecinta makanannya mengenai menu sampai lokasi berjualan.

Berikut beberapa diantaranya.


LOCALE 24 Diner

Dengan konsep Diner 24 Hours yang suka berada di pinggiran Amerika, restoran yang sudah berjalan selama 1 tahun ini mangkalnya di Pantai Indah Kapuk, Jakut. Menggunakan bus asal Amerika yang dicat biru muda cerah. Di dalamnya sudah diubah layaknya restoran. “Rasanya seperti mampir beristirahat di pom bensin di Amerika” kata Steven, salah satu pelanggan restoran ini.

No caption
No credit
No caption

Jangan takut untuk memilih makanan dan minuman di restoran ini, menu yang sangat variatif dari Asian Food, Pasta, Western Food hingga Cocktail dan Beer pun lengkap tersedia.

Locale juga memiliki hiburan DJ yang berada di atap bus setiap Jumat dan Sabtu malam yang dinamakan “Locale 24 Diner Club”. “Kebanyakan pelanggan yang senang kesini berasal dari kalangan muda, sangat cocok untuk hangout, nongkrong bersama teman dan kolega, bahkan cocok untuk berkencan dengan tersayang, hehe…” canda Dedi, Captain Waiters di Restoran Locale ini.

Bisa dibilang Locale 24 Diner ini menjadi High Recommended Culinary Spot untuk pecinta kuliner dengan suasana unik.

LOCO MAMA

Loco Mama menghadirkan makanan Mexico dengan motto “The Best Burrito in Town”. Selain Burrito yang sangat dicari pelanggan adalah Nacho, Quesadila, juga Mexican S’Mores dengan pilihan topping sesuai pilihan konsumen.

No caption
No credit
No caption

Suasana Mexico terasa lebih kental dengan konsep menjual makanannya dengan truk Chevrolet keluaran 1942 berkelir two tone putih - orange dengan desain khusus bertulisan “Loco Mama” di sisi mobil. Semakin unik dengan penambahan jukebox kecil yang berisi koleksi lagu-lagu klasik.

Konsep foodtruck simple dan mobile menjadi pilihan saat berjualan karena belum banyak yang mengembangkan usaha kuliner ini. “Kita sengaja juga menggunakan old American truck biar lebih terasa aja Meksikonya. Hehe padahal ngebeli mobil sama ngerombaknya gedean buat ngerombaknya…,” ungkap Griselda co-owner Loco Mama.

Penasaran ingin berkunjung? Silahkan datang ke Jl. Kemang Raya No.17, Jaksel. Buka dari pukul 11.00 sampai 20.00 setiap jumat dan sabtu malam.

GUSTO DI COMBI

Berciri khas Mediterranean food, Gusto di Combi menjual makanan khas Timur Tengah. Pemiliknya adalah Fouad, yang asli berasal dari Damaskus, Suriah. “Resep nya asli kok dari racikan keluarga” jelas Fouad.

No caption
No credit
No caption

VW Combi Brazil 1980-nya yang berkelir warna-warni ini, sengaja di cat atraktif agar menarik perhatian. Butuh dana yang tidak sedikit untuk membangun dapur kecil yang memadai di dalam VW tersebut. “Usaha ini baru berjalan kurang dari setahun,” jelas Fouad sambil menambahkan mobil ini biasa mangkal di Kampus UI Fakultas Ilmu Budaya, Depok.

Namun akhir-akhir ini sejak maraknya tren food truck, ia menerima tawaran untuk event khusus seperti saat Pesta Komunitas VW, acara kuliner Sarinah beberapa pekan lalu, dan di Summer Pop Festival di Lippo Mall Kemang.

RETRO GOURMET

Konsep fine dining berjalan menjadi pilihan Lulita Milasari dalam menjalani bisnis kuliner berjalan ini. “Konsepnya membawa makanan kelas hotel bintang lima ke kalangan kaki lima dengan menggunakan bus,” terang Lulita.

No caption
No credit
No caption

Selain memodifikasi bus ¾ menjadi tempat berjualan. Pada sisi samping bus dipasang televise berukuran 90 inci. Tujuannya untuk memberikan hiburan buat pengunjung. Retro gourmet juga bisa menyediakan hidangan di pesta – pesta di rumah atau gedung.

 FOOD STOP

Food Stop didesain bernuansa kedai di Jepang yang kerap berkeliaran malam hari. Menyajikan makanan khas Jepang seperti Sukiyaki Don, Chicken Katsu Don, Ebi Tempura Don, Chicken teriyaki Don, dan lainnya.

No caption
No credit
No caption

Menggunakan truk engkel keluaran Isuzu yang bagian boks belakangnya di modifikasi menjadi tempat berjualan makanan. Dilengkapi dengan ornamen hiasan khas Jepang sehingga makin menarik minat pengunjung.

Sayangnya Food Stop hanya muncul berjualan jika ada event-event khusus saja.

TABANCO COFFEE COMBIE

Indah sekali paduan warna krem dan coklat tua yang menempel pada kulit VW Combi satu ini. Banyak orang heran dengan konsep modifan mobil satu ini, terutama terdapat tulisan sambung bertuliskan “Tabanco Coffee”.

No caption
No credit
No caption

Ternyata ini adalah food truck yang khusus menyediakan minuman. Selain kopi, ada teh, chocolate, green tea dan juga bir. Volkswagen Combi ini disulap menjadi tempat meracik minuman yang biasanya terdapat pada lokasi-lokasi kawasan mahal. Kini hadir secara mobile yang bisa di dapati di kisaran tempat keramaian seperti Car Free Day Jakarta, Food and Culinary Festival, dan sejenisnya.

Senjata utama Tabanco Coffee adalah Espresso, Cappuccino, dan Americano coffeenya, namun saat mencoba hot chocolate dan green tea-nya. Semuanya terasa sangat halus di tenggorokan. Setelah ditelusuri ternyata rahasia dibalik kesuksesan minuman adalah buah tangan barista handal.

Tidak diragukan kalau kualitas minuman kopi disini tidak dapat diremehkan, walaupun harganya hanya berkisaran dari Rp 15.000 – Rp 35.000 saja. Untuk mencicipi minuman hasil Tabanco Coffee dapat mengikuti akun Twitter mereka dan social media Tabanco Coffee lainnya untuk mengetahui letak mereka dimana.

TACO TRUCK

Usaha yang di pimpin oleh Andre Tenardi ini menyajikan makanan Meksiko seperti Bumto, Quesadilla, Churros, Nachos dan masih banyak lagi tapi ujung pedang dari resto mobil ini adalah Tacosnya.

Andre yang berprofesi sebagai desainer grafis menuangkan ide kreatifnya dengan mengubah Toyota Dyna untuk dijadikan ‘warung makan’. Bekerja sama dengan partnernya, Hendry Utama, juru masak pindahan dari Los Angeles yang juga berketurunan Meksiko. “Awalnya kita jualan di daerah Kelapa Gading dan Pantai Indah kapuk, melihat peluang yang besar akhirnya kita perluas wilayah dan perkembangkan pemasaran” jelas Andre.

Mobil ini berfungsi normal dan dapat membawa Andre dan crew sesuai lokasi yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya tentang keberadaan mereka silahkan follow twitter mereka @TacoTruckindo.


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa