Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP : Mulai 2016, Balapan MotoGP Belanda Dipindah Ke Hari Minggu

Dimas Pradopo - Jumat, 26 Juni 2015 | 01:09 WIB
No caption
No credit
No caption


Assen MotoGP Belanda atau Dutch TT pekan ini bisa jadi yang terakhir diselenggarakan pada hari Sabtu, karena mulai 2016 dipindah ke hari Minggu demi masa depan MotoGP di negeri Kincir Angin itu.

MotoGP di Belanda ini memang unik, selain balapannya hari Sabtu, namanya pun pakai TT (Tourist Trophy) ketimbang GP (Grand Prix). Penggemar olahraga balap menyebut sebagai Cathedral-nya pengendara sepeda motor.

Lomba yang berlangsung hari Sabtu ini merupakan bagian dari sejarah kuno balapan (Dutch TT pertama kali digelar pada 1925 dan kemudian pindah ke Assen di tahun berikutnya).

Ketika itu penyelenggara tidak ingin mengganggu aktivitas keagamaan penduduk setempat. Belanda yang pernah didominasi sekte Protestan yang ketat, melarang aktivitas apapun selain gereja pada hari Minggu.

Pendeta setempat meminta balapan diselenggarakan Sabtu, agar tidak mengganggu kegiatan gereja di hari Minggu. Sejak itu balapan pertama kali digelar pada hari Sabtu akhir bulan Juni dan itu lantas menjadi tradisi hingga kini.

Nah, setelah melalui perdebatan selama bertahun-tahun, Dutch TT akan berubah dari tradisi balapan bari Sabtu ke hari Minggu mulai 2016.

Keputusan yang dibuat pihak sirkuit ini setelah melakukan penelitian panjang terhadap penggemar balap di Belanda. Akhirnya diputuskan, cara terbaik agar masa depan balapan ini lebih bagus adalah dengan memindahkannya ke hari Minggu.

“Semua pertandingan sepak bola utama, semua event olahraga besar dilakukan hari Minggu,” kata pimpinan sirkuit Arjan Bos. “Orang-orang berharap untuk menghadiri acara-acara  besar pada hari Minggu,” tambahnya.

Arjan juga mengkonfirmasi sirkuit akan mempertahankan tradisi penyelenggaraan dalam kalender balap pada minggu terakhir bulan Juni.

Assen menggelar balap sejak 1925 dan menggelar kejuaraan dunia balap motor sejak 1949 dan diberi dispensasi menggelar balapan hari Sabtu.

Arjan bilang, Dorna sebagai pemegang hak komersial MotoGP tidak memberi tekanan atas kepindahan jadwal balap ke hari Minggu. “Ini keputusan yang kita ambil demi kebaikan sirkuit dan masa depan MotoGP di Belanda,” katanya.

Wah, kalau begitu jangan lewatkan menyaksikan MotoGP di Assen yang untuk terakhir kalinya berlangsung hari Sabtu ini. (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa