MotoGP : Andrea Iannone Pecahkan Rekor Pole Position 43 Tahun

Dimas Pradopo - Minggu, 31 Mei 2015 | 02:58 WIB
No caption
No credit
No caption


Mugello – Pembalap Ducati, Andrea Iannone meraih pole position pertamanya di MotoGP, sekaligus memecahkan rekor baru catatan waktu satu putaran dan juga rekor yang telah bertahan puluhan tahun.

Iannone membuat sejarah setelah menjadi pembalap tercepat dalam kualifikasi MotoGP Italia di sirkuit Mugello, Sabtu (30/5). Sehingga bisa dibilang hari itu sebagai momen spesial baginya.

Ia meraih pole position dengan rekor waktu lap terbaru, 1 menit 46,489 detik. Mengalahkan rekor lap Jorge Lorenzo 1 menit 46,617 detik yang diciptakan pada latihan bebas ketiga Sabtu pagi.

Kelahiran Vasto, 25 tahun lalu itu jadi pembalap Italia pertama yang meraih pole position dengan motor buatan italia dan di negaranya sendiri.
Terakhir dibuat oleh legenda balap motor Giacomo Agostini pada 1972, 43 tahun lalu, di sirkuit Imola dengan motor MV Agusta. 

Iannone yang bergabung dengan tim pabrikan Ducati mulai musim ini, mengalahkan pembalap Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo hanya selisih 0,095 detik. Rekan setimnya, Andrea Dovizioso start dari posisi ketiga.

“Ini hari yang luar biasa bagi saya dan momen spesial, karena ini pole position pertama saya di Italia dengan motor Italia. Jadi saya sangat senang,” kata Iannone yang sedang cedera bahu ketika uji coba di Mugello sebelum tiga minggu lalu.

Pemakai nomor motor #29 itu mengaku kualifikasi yang dijalani sungguh sulit karena bahunya belum 100%. 

Iannone mengantisipasi balapan yang sulit karena fisiknya kurang sehat untuk menghadapi kecepatan Lorenzo, Dovizioso, Rossi bahkan Marc Marquez yang start dari posisi 13.

“Saya yakin lomba akan berjalan sulit, karena kecepatan Jorge, Dovi dan Marc sangat bagus, tetapi bahu saya tidak siap untuk bertarung dengan kuat,” tutur Iannone yang juga memperhitungkan Rossi.

Ia berharap mengawali lomba dengan baik, ingin berada di posisi pertama pada tikungan pertama. Soal pemakaian ban, ia menomorduakan, yang pertama adalah masalah kondisi bahunya.

Semoga sukses Iannone berlanjut saat lomba. (otosport.otomotifnet.com)
Editor : Dimas Pradopo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X