Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP : Yamaha Resmi Pakai Girboks Full Seamless

Dimas Pradopo - Kamis, 12 Maret 2015 | 20:57 WIB
No caption
No credit
No caption


Jepang – Yamaha mengumumkan menggunakan girboks full seamless pada motor YZR-M1 mulai awal musim MotoGP 2015.

Hal itu diungkapkan Wakil Presiden Yamaha Motor Co. Ltd., Takaaki Kimura pada konferensi pers di Jepang, “Selama uji coba kedua di Sepang, dapat kami konfirmasikan performa girboks seamless kami.”

“Namun kami harus melakukan pengembangan sasis dan elektronik untuk memanfaatkannya secara maksimal. Kami akan terus melakukan settingan pada tes mendatang di Qatar, untuk mengincar kemenangan seri pertama di Qatar akhir bulan ini,” imbuhnya.

Tim Yamaha mulai pakai girboks full seamless pada uji coba Sepang kedua, akhir Februari lalu. Mereka mengaplikasi seamless downshift (untuk perpindahan gigi turun), setelah di Sepang pertama hanya pakai seamless upshift.

“Kesan pertama saya terhadap girboks yang diperbarui ini cukup positif,” ujar Rossi usai mencoba di Sepang. “Motor sedikit lebih baik dalam pengereman dan masuk tikungan,” lanjut The Doctor.

Lorenzo berpendapat, motor sedikit lebih baik dari yang lama. “Lebih stabil dalam pengereman di trek lurus, sehingga bisa sedikit mengerem lebih lambat (late braking),” terang juara dunia MotoGP 2010 dan 2012.

Girboks full seamless melakukukan perpindahan gigi tanpa jeda. Ketika akan pindah gigi, gigi berikutnya sudah siap, makanya proses perpindhan gigi jadi sangat cepat. Tim Honda sudah pakai duluan.

Dengan proses perpindahan gigi lebih cepat dan tanpa jeda, akselerasi bisa lebih cepat. Sedangkan untuk down shift, masuk tikungan jadi lebih mulus, karena roda belakang juga lebih smooth, pengaruh engine brake efek turun gigi lebih sedikit.

Keuntungan pakai full seamless, stres ban saat engine brake jadi lebih sedikit. Tahun lalu Marc Marquez selalu unggul di lap-lap terakhir saat bertarung sama Lorenzo. Karena kondisi ban lebih baik, sampai akhir lomba daya cengekeram ban lebih bagus.

Tetapi girboks seamless saja pasti tidak akan cukup untuk mengalahkan Marquez, pembalap Honda yang juga juara dunia bertahan. Diperlukan update teknologi lagi.

Hasil terbaik Yamaha uji coba kedua di Sepang dicapai Lorenzo yang lebih lambat 0,322 detik dari Marquez. Tampaknya pembalap Yamaha harus mulai terbiasa dengan transmisi baru untuk dapat memaksimalkan performanya. 

Kemungkinan besar Yamaha juga akan memberikan peranti baru ini ke tim satelit mereka dan juga perangkat lunak khusus.

Hmm..kompetisi MotoGP 2015 ini kelihatannya bakal lebih menarik. (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa