Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP : Rossi Senang Yamaha Gunakan Girboks Baru

Dimas Pradopo - Selasa, 24 Februari 2015 | 13:24 WIB
No caption
No credit
No caption


Sepang – Usai mencetak waktu tercepat uji coba di Sepang, Malaysia, Valentino Rossi mengaku sangat senang untuk pertama kalinya menggunakan girboks yang sudah diperbarui.

Tim Movistar Yamaha mulai pakai girboks full seamless pada YZR-M1 pada uji coba Sepang kedua. Mereka mengaplikasi seamless downshift (untuk perpindahan gigi turun), setelah di Sepang pertama hanya pakai seamless upshift.

Rossi mencatat waktu 2 menit 0,414 detik, ia pun mengungkapkan perasaannya. “Semua orang di tim kami ingin tahu tentang girboks yang diperbarui dan kesan pertama saya cukup positif, saya senang,” ujar juara dunia MotoGP 7 kali.

Menurutnya, tidak ada perbedaan besar tetapi cukup membantu. “Motor sedikit lebih baik dalam pengereman dan masuk tikungan,” lanjut The Doctor.

Ia senang finish di posisi pertama yang didapatkan tengah hari dalam cuaca bagus. Ia dan tim masih perlu memaksimalkan potensi girboks baru di M1.

Catatan waktu yang dibuatnya masih di bawah Marc Marquez pada uji coba Sepang pertama, 1 menit 58,867 detik. Uji coba kali ini juga terhambat trek licin akibat hujan deras menjelang tes berakhir.

Para pembalap tidak bisa menambah kecepatan. Rossi merasa perlu untuk menajalani beberapa kilometer di kondisi trek basah.

Tahun lalu ia harus berjuang dengan motornye menghadapi saat trek basah. “Kami sudah mengalami sedikit peningkatan hari ini, tetapi masih perlu pengujian beberapa kilometer lagi,” kata juara dunia MotoGP 7 kali.

Rekan setimnya, Jorge Lorenzo berada di tempat kelima, lebih lambat 0,641 detik. Pembalap Spanyol itu mengaku sulit untuk kompetitif. Tetap ia menyabut positip penggunaan seamless downshift.

“Motor sedikit lebih baik dari yang lama. Lebih stabil dalam pengereman di trek lurus, sehingga bisa sedikit mengerem lebih lambat (late braking),” terang juara dunia MotoGP 2010 dan 2012.

Seperti Rossi, ia masih perlu melakukan penyesuaian. “Kita perlu memahami bagaimana mendapatkan performa maksimal dari teknologi baru ini,” imbuhnya.

Bagaimana hasilnya kemudian? Uji coba masih berlannjut hari Selasa ini. (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa