Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP : Rekening Gendut Valentino Rossi Ada di Kasus Perbankan Swiss Leaks

Dimas Pradopo - Kamis, 12 Februari 2015 | 20:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Swiss - Bocornya dokumen divisi HSBC Holding Plc di Swiss yang bergerak di bidang private banking atau disebut kasus Swiss Leaks (9/2), membeberkan banyak nama petinggi dunia sebagai nasabah. Tak terkecuali bintang MotoGP Valentino Rossi, satu dari 100 ribu lebih nama di daftar nasabah.

Masalahnya, dikutip dari Bloomberg, HSBC merupakan salah satu dari institusi perbankan di Swiss yang menghadapi tuduhan kriminal dengan membiarkan kliennya memiliki rekening tanpa identitas asli. Ini memudahkan aksi pencucian uang dan penghindaran pajak.

Laporan kebocoran yang ditelusuri International Consotium of Investigative Journalists (ICIJ) ini menunjukkan kondisi keuangan tahun 2006-2007. Dalam dokumen HSBC, ditunjukkan Rossi punya dua rekening di Swiss dengan total 23,9 juta USD.

Namun pengacara Rossi mengungkapkan ke media Italia, Il Resto Del Carlino kalau Rossi sudah menutup rekening tersebut akhir 2008 serta memindahkan uangnya ke Italia. Alhasil Rossi enggak khawatir dengan munculnya daftar nama pemilik rekening tersebut di publik.

Tahun 2008 Rossi membayar utang pajak ke otoritas pajak Italia sebesar 30 juta Euro. Utang ini muncul karena Rossi yang mengklaim ia berdomisili di London, Inggris.

Namun otoritas pajak Italia menunjukkan kalau rumah dan mobil di Tavulia, Italia serta yacht yang ia taruh di Gabbice Mare menunjukkan kalau realitasnya ia tinggal di Italia. Rossi pun memilih membayar utang pajak dan kembali ke Tavulia.

Selain Rossi, nama-nama dari motorsport dunia lainnya yakni pembalap F1 Fernando Alonso, Heikki Kovailanen dan mantan bos tim F1 Flavio Briatore. (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa