Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP : Tetapkan Target, Suzuki Kembangkan Gearbox Baru

Rabu, 12 November 2014 | 18:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Valencia - Disela-sela sesi tes resmi yang berlangsung di Valencia, Spanyol. Pimpinan proyek Suzuki MotoGP, Sotaru Terada mengkonfirmasikan bahwa pabrikan asal Negeri Sakura tersebut sedang menggembangkan gearbox yang lebih halus yang diharapkan akan siap untuk debut perdana GSX-RR di MotoGP musim 2015 mendatang.

Meski Suzuki yang tidak ambil bagian dalam sesi tes hari kedua, namun Terada dan Davide Brivio melakukan diskusi dengan para awak media untuk membahas  kemampuan teknis GSX-RR gearbox khusus yang merupakan prioritas utama mereka.

"Ini sedang dalam pengembangan. Target kami adalah secepat mungkin bisa kami bawa ke trek, harapan saya di awal musim ini." ungkap Terada.

Sang manager tim Suzuki, Davide Brivio pun menambahkan "Gearbox ini membutuhkan waktu agar dapat disetujui untuk mengikuti serangkaian tes."

Namun keduanya masih bungkam perihal siapa yang mengembangkan gearbox ini. Apakah Suzuki sendiri yang mengembangkannya atau menunjuk perusahaan lain untuk melakukan itu. Suzuki juga beralih ke sistem elektronik Magneti Marelli dengan hardware kontrol dan software yang dipesan lebih dahulu setelah sebelumnya menggunakan teknologi racikan Mitsubishi. Terada juga menegaskan bahwa dirinya terkesan dengan potensi dari sistem baru ini.

"Sangat sulit untuk beradaptasi. Kami memiliki pengalaman panjang dengan sistem Mitsubishi. Kemudian sistem Magneti Marelli cukup baru bagi kami sehingga kami menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan ini dari nol. Ini merupakan ECU yang sangat kuat sehingga kita memiliki banyak kemungkinan munggunakannya." tutur Terada.

Dan untuk melakoni debut perdananya Suzuki mengusung mesin empat silinder inline karena tidak memiliki mesin V4 untuk motor pabrikan.

"Akan sedikit sulit untuk mendapatkan tenaga mesin yang maksimal. tapi kami percaya kami bisa mendapatkan tenaga itu untuk balapan. Kami juga memiliki beberapa masalah kecil sekarang, daya kuda motor ini sedikit turun saat di lintasan dibandingkan saat kami melakukan dyno test dan kami sedang menyelidikinya."

"Ini adalah proyek terbaru kami dan kami juga tahu ini adalah tantangan yang sangat besar bagi Suzuki. Target kami untuk tahun depan, kami akan mencoba untuk dapat naik podium. Setelah tiga tahun kami ingin bisa meraih gelar juara dunia."(otosport.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa