Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP: Inilah Kesempatan Garpu Tala Menang

Minggu, 14 September 2014 | 10:30 WIB
No caption
No credit
No caption



Misano - Trek berjarak 4,266 km yang ditunjuk menjadi host MotoGP seri 13 bisa menjadi momentum penting bagi skuad Yamaha. Secara statistik tiga musim belakangan jadi pemenangnya.

Sejak sirkuit Misano World Circuit berubah lay-out dan arah putaran sejak 2010 silam, praktis memang kuda besi Honda mampu merebut posisi terdepan. Namun dari 4 musim beruntun itu hanya sekali waktu saja Honda berhasil menggondol kemenangan dobel, yaitu juara dan pole position via Dani Pedrosa (2010). Sejak 2011 hingga 2013 malah Jorge Lorenzo yang sukses membukukan kemenangan, tiga musim berturut-turut.
 
Semua itu berarti kuda besi Yamaha bisa mengoleksi kemenangan perdana musim ini dan kesempatan terbuka lebar, ya di trek Misano World Circuit.
 
Trek tradisional dengan straight kurang dari 1 km saja plus kombinasi 16 tikungan yang variatif di mana menuntut kestabilan sasis saat menikung dan juga pengereman yang kuat. Kondisi itu memang klop dengan kondisi YZR-M1. 

"Butuh upaya lebih untuk bisa mendapatkan setting yang tepat menghadapi Misano. Benar-benar harus kompromi antara trek yang twisty dan pengereman yang bagus di beberapa sektor. Jika itu bisa dilakukan, saya optimis bisa menuai hasil apik," ungkap Marc Marquez. 

POLE POSITION
Pertanda pasukan Garpu Tala menggondol kemenangan perdananya musim ini dan upaya untuk bisa memperkecil ketertinggalan kemenangan menjadi 12-1 (Honda versus Yamaha) mulai tampak dengan keberhasilan Jorge Lorenzo mendapuk pole position di Misano World Circuit. Kian komplet dengan posisi start Valentino Rossi berada di grid 3. Itu berarti kubu Yamaha pabrikan mendapat start di deretan terdepan. 

Sementara rival berat Garpu Tala, Honda pabrika yang diwakili Marc Marquez dan Dani Pedrosa mesti puas start di urutan 4 dan 5. Meskipun kubu Yamaha ngeh benar jika posisi terdepan harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar Marc dan Dani bisa diasapi. 

"Hasil yang membanggakan untuk pertama kalinya di musim berhasil meraih start terdepan. Bisa menjadi modal untuk ke depan dan berupaya melakukan start yang bagus," kata Jorge Lorenzo terkait strategi untuk balapan. 

Bisa dikonklusikan dengan statistik berpihak ke Yamaha plus hasil kualifikasi di mana Jorge meraih pole position dan diikuti Valentinik start di posisi ke-3, Yamaha bisa mengukir kemenangan pertamanya musim ini. 

Memang bukan perkara mudah karena Jorge dan Vale kuda melewati finish lebih dulu dari Marc dan Dani. Yang pasti, balapan MotoGP ronde 13 ini pasti seru dan alot. Marc dan Pedrosa coba menepis asumsi jika Misano itu 'bersahabat' dengan kuda besi Honda. Di sisi lain, Yamaha coba untuk mempertajam sukses dengan torehan 4 kali beruntun sekaligus meraih kemenangan pertamanya musim ini. 

Siapa menang? Yang terbaik tentunya. (Otosport.co.id)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa