Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jelang GP Inggris : Serba-Serbi Sirkuit Silverstone

Kamis, 2 Juli 2015 | 12:15 WIB
No caption
No credit
No caption




Northamptonshire
- Seri 9 F1 di ranah Inggris yang tepatnya di sirkuit Silverstone (Inggris) berlangsung pekan ini mencatatkan sejarah tersendiri. Selain itu apa saja hal menarik dari sirkuit Silverstone? Ambil contoh, berapa kali sih perpindahan gigi dilakukan seorang pembalap dalam melahat satu putaran sirkuit. Atau berapa banyak suguhan aksi menyalip di trek dengan rentang jarak 5,891 km itu. (otosport.otomotifnet.com)


# Sirkuit dengan panjang 5,891 km menjadikan Silverstone trek terpanjang kedua dalam kalender F1 tahun ini. Trek Spa-Francorchamps (Belgia) merupakan trek terpanjang dalam kalender tahun ini dengan panjang 7,004 km.


# Dalam satu lap pembalap melakukan 45 kali perpindahan gigi untuk melahap jarak 5,891 km melibas 18 tikungan (8 kiri/10 kanan).


#
Total perpindahan persneling untuk satu orang pembalap sepanjang balapan yang menghabiskan 52 lap adalah 2.340 kali perpindahan gigi dengan menuntaskan total jarak mencapai 306,198 km.


#
Batas kecepatan maksimum pembalap di pit lane adalah 80 km/jam yang berlaku untuk sesi latihan bebas, kualifikasi dan balapan. Pembalap yang gagal mematuhi aturan tersebut bakal dikenai penalti mulai dari denda hingga drive-through-penalty.


#
Musim lalu sirkuit Silverstone mencatatkan angka 40 kali aksi overtaking (menyalip) yang menandakan trek Silverstone ini berkarakter high speed circuit.


#
Ferrari menjadi konstruktor yang terbanyak menang di GP Inggris dengan total 16 kali (1 x trek Aintree; 2 x trek Brands Hatch; 13 x trek Silverstone).


#
Ada lima pembalap yang berlaga di musim ini sudah pernah mencicipi puncak podium F1 di Silverstone. Mereka adalah Fernando Alonso, Kimi Raikkonen, Lewis Hamilton, Sebastian Vettel dan Nico Rosberg.


#
Tercatat ada trio pembalap berkebangsaan Inggris yang tampil pada seri 9 ini di trek Silverstone. Pembalap paling sukses adalah Lewis Hamilton dengan 2 kemenangan (2008 dan 2014) dan yang terburuk adalah Jenson Button yang sejak berkiprah di F1 pada 2000 lampau belum pernah sekalipun mencicipi puncak podium GP Inggris di Silverstone.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa