Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

F1 : Scuderia Toro Rosso STR10 Target 5 Besar Kejuaraan Dunia Konstruktor

Dimas Pradopo - Senin, 2 Februari 2015 | 14:33 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jerez – Pemilik tim Toro Rosso, Franz Tost menargetkan skuadnya masuk 5 besar kejuaraan dunia konstruktor di musim 2015 bersama dua pembalap barunya.

Hal itu ditegaskan Tost saat peluncuran mobil baru STR10 di sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (1/2) bertepatan dimulainya uji coba pramusim pertama.

Tim bermarkas di Faenza, Italia ini memilih Spanyol untuk memperkenalkan mobil barunya sehubungan dengan sponsor Cepsa (perusahaan minyak Spanyol). Selain juga kebetulan dimulainya tes musim dingin menjelang kompetisi 2015 dimulai.

Musim lalu, Toro Rosso yang menggendong mesin Renault finish di urutan 7 klasemen akhir kejuaraan konstruktor. Saat itu tim diperkuat pembalap Jaen-Eric Vergne dan Daniil Kvyat.

Tepat 10 tahun keikutsertaan Toro Rosso di F1 pada 2015 ini, merek menghadirkan dua pendatang baru (rookie), Max Verstappen dan Carlos Sainz Jr.

Setelah peluncuran STR10, Tost langsung mengatakan tagetnya, “Tempat kelima di kejuaraan konstruktor, itu berarti kedua pembalap harus terus mendapat point.” 


Meskipun kedua pembalapnya belum pernah berlaga di balap F1, Tost percaya mereka bisa masuk ke jajaran papan atas. Menurutnya, mereka sudah melakukan banyak pertemua dengan para teknisi dan mengikuti simulasi.

“Keduanya memiliki skill tinggi. Saya berharap tidak terjadi kesenjangan di antara mereka. Saya pikir keduanya akan melakukan pekerjaan dengan baik,” lanjut Tost.

Pria asal Austria itu menyebut tidak ada pembalap nomor satu dan nomor dua di timnya. “Bagi kami itulah cara mendidik pembalap dengan baik, sehingga mereka bisa belajar dari sirkuit ke sirkuit.

Max Verstappen (17 tahun) melangkah ke arena jet darat usai mengikuti balap F3 Eropa 2014, finish di posisi 3. Rekan setimnya, Carlos Sainz Jr (20 tahun) juara Formula Renault 3.5 2014. 

Direktur teknik, James Key menyebut STR10 mobil yang rumit. Paket aerodinamika yang dipakai uji coba di Jerez saat ini, akan berubah pada uji coba berikutnya di Barcelona dan juga saat seri pertama di Australia nanti.

“Masih banyak yang harus dikerjakan. Kami akan menyelesaikannya di wind tunnel, jadi uji coba di sini sambil mengerjakan paket buat di Melbourne,” jelas Key,

Desain hidung mobil juga akan berubah pada sesi uji coba ketiga. “Di situlah kita akan liat sosok asli SR10,” imbuhnya.  (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa