Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

F1 : Sochi Autodrom, Penyelenggara Terbaik 2014

Selasa, 9 Desember 2014 | 19:30 WIB
No caption
No credit
No caption



Qatar - Sochi Autodrome yang menjadi tuan rumah GP F1 Rusia, Oktober lalu, menyabet gelar ‘Motorsport Facility of The Year’, sebagai pemenang Promoters Trophy 2014 versi FOM (Formula One Management). FOM adalah pemegang hak siar TV atau promotor balap F1 yang dipimpin Bernie Ecclestone.

Pengumuman dilakukan saat FIA menggelar acara penyerahan berbagai penghargaan di Qatar. Namun award ini akan diserahkan pada 19 Desember ketika para ofisial FIA dan FOM berkunjung ke Sochi.

Sirkuit Sochi yang terletak di Krasnodar, dekat Laut Hitam, Rusia, dibangun lewat bantuan desainer sirkuit kawakan, Herman Tilke. Berada di kompleks olimpiade, panjang treknya 5,848 km, masuk kategori sirkuit jalan raya. Selain menjadi tuan GP Rusia, Sochi akan segera meresmikan Racing Academy, dalam rangkan kontribusinya mengembangkan dunia motorsport di kawasan Krasnodar. Program ini mencakup pendidikan mengemudi secara umum dan fokus pada defesive driving serta memahami kesadaran keamanan di jalan raya di Rusia.

Sochi bukanlah sirkuit pertama yang pada debutnya di balap F1 langsung mendapat Promoters Trophy. Misal sirkuit Buddh, India meraih award pada 2011 (juga di 2012), namun setelah 3 tahun menggelar balap F1, tidak dipakai lagi di 2014. Penghargaan juga diberikan kepada Bahrain di 2004, Singapura 2008, Abu Dhabi 2009 dan Korea 2010. Apakah di 2015 giliran Meksiko yang dapat award atau Azerbaijan yang berencana masuk kalender F1 di 2016?

Mendapat penghargaan ini belum tentu benar-benar baik penyelenggaraannya. Ya lihat saja sirkuit Buddh di India atau Korea (Yeongam) meskipun Korea kembali masuk jadwal kalender F1 2016. Bahkan dulu sirkuit Aida yang jadi tuan rumah GP Pasifik di pertengahan ‘90-an, juga dapat award serupa. Sekarang sirkuit berlokasi dekat Kobe di Jepang itu tidak terdengar kabarnya.(otosport.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa