Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

F1 : Pirelli Yakin Racikannya Bisa Hindari Empat Pitstop

Selasa, 6 Mei 2014 | 16:14 WIB
No caption
No credit
No caption


Pemasok tunggal ban Formula 1, Pirelli yakin kompon ban yang disiapkan buat Formula 1 Catalunya nanti bisa menghindari empat pitstop yang terjadi tahun lalu. Pada 2013, Fernando Alonso memenangkan GP Spanyol ini dengan strategi empat pitstop dan mengalahkan strategi tiga pitstop yang dilakukan Kimi Raikkonen.

“Pada masa lalu kami telah melihat empat pitstop untuk Spanyol. Dengan ubahan pada ban yang kami buat tahun ini, kami berharap bisa melihat tak lebih dari tiga stop untuk mayoritas pembalap,” ujar Paul Hembery, direktur motorsport Pirelli.

Kenapa Pirelli sangat memperhatikan seri Spanyol ini? Kemungkinan besar karena Catalunya dianggap bisa mewakili kondisi hampir satu musim F1, karena sirkuit ini cukup keras mendera kinerja ban. Untuk itu, Pirelli menyiapkan ban hard (utama) dan medium (pilihan lain) karena kondisi Circuit de Catalunya ini.

“Kerap dikatakan kalau Barcelona menyediakan gambaran akurat dari seluruh musim, karena kalau mobil menunjukkan hasil bagus di Barcelona maka akan bagus di mana saja. Begitu juga dengan ban, karena sirkuit Spanyol ini adalah salah satu sirkuit yang terberat sepanjang tahun,” lanjutnya.

“Tikungan panjang dan cepat seperti tikungan 3 memaparkan energi besar pada ban, hasilnya ban cepat termakan. Permukaan trek juga cukup abrasif, temperatur ruang bisa tinggi yang artinya menambah beban kerja lagi pada ban,” ulasnya.

Karena itulah, Pirelli berniat untuk tetap di Spanyol pascalomba nanti. Tak lain untuk melakukan tes dalam musim untuk mencoba kompon baru buat 2015.

“Kami melakukan start bagus sebagai persiapan untuk tahun depan dengan tes pertama yang dikhususkan untuk tes ban di Bahrain. Kami menantikan untuk kembali bekerja bersama empat tim di Spanyol setelah balap,” tandasnya. (otosport.co.id)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa