Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pit Stop 20 Lap, Strategi Yamaha Indonesia Pada Suzuka 4-Hours

Sabtu, 26 Juli 2014 | 08:16 WIB
No caption
No credit
No caption


Motor kencang dan skill rider yang baik merupakan modal dasar untuk sukses balapan. Tapi di balap ketahanan, Suzuka 4 Hours, perlu juga strategi mumpuni. Apalagi untuk tim yang baru pertama kali berpartisipasi seperti Yamaha Racing Indonesia. Strategi tanding disiapkan sangat mendetail.

Dalam balap ketahanan ini, selama 4 jam tim mesti melahap trek sepanjang 5.8 km dalam putaran sebanyak mungkin. Salah satu strategi kuncinya ada di pit stop untuk pergantian pembalap dan pengisian bahan bakar.

"Tiap pembalap kita targetkan untuk masuk tiap 20 lap, refueling dan ganti rider. Perhitungan kita ini cukup ideal untuk bisa tetap sebanyak mungkin mencatat lap," kata Kadek Suma, Team Manager Yamaha Racing Indonesia.

Bagi rider, putaran ini juga cukup ideal untuk stamina mereka. "Ini tantangan di balap endurance, harus tetap stabil mencatat lap time sementara stamina sudah turun. Pasti nambah waktunya, tapi jangan terlalu banyak lah," bilang Emanuel Pratna, rider tim Yamaha Racing Indonesia usai sesi latihan pertama di Sirkuit Suzuka (24/7).

Tak hanya bagi rider, ini tim mekanik pun menghadapi tantangan tak mudah. Mereka mesti bisa refueling, mengecek motor sampai ganti rider dalam target waktu tim, kurang dari 15 detik.

"Karena itu balap endurance itu tidak bisa menggantungkan pada pembalap saja. Tapi juga mekanik, ada proses perlu ganti pembalap, refueling. Endurance race itu kerja tim, ini bagian dari menambah pengalaman buat pembalap dan mekanik indo," bilang Shinici Nakatomi, pembalap World SuperSport dari Tim RC Koshein, team advisor dan pelatih rider tim Yamaha Racing Indonesia. (otosport.co.id)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa