Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kompetisi dan Temperatur, Panas Membakar Tim Yamaha Indonesia Pada Suzuka 4-Hours

Jumat, 25 Juli 2014 | 15:14 WIB
No caption
No credit
No caption


Pembalap Suzuka 4 Hours Endurance Race menghadapi 3 musuh utama. Yaitu pembalap lain, sirkuit yang tidak mudah dan musim panas di Jepang yang luar biasa menyengat.

Di Tokyo, lebih dari 3000 orang masuk rumah sakit karena kepanasan. Di Sirkuit Suzuka, suhu bervariasi antara 39-35 derajat Celcius. Kadang mencapai 40 derajat.

"Cuacanya enggak menentu. Secara umum memang panas sekali. Kemarin sepanjang masa latihan dan persiapan sempat mencapai 35-40 celcius. Lalu bisa habis itu hujan deras sekali," ungkap Sudarmono yang biasa disebut Momon, rider tim Yamaha Racing Indonesia yang menyiapkan balapan sejak awal Juli.

Untuk menjaga suhu tubuh, selama sesi free practice pembalap mesti menaruh handuk dingin atAu es di tubuhnya. Pembalap Suzuka 8 Hours malah menyiapkan kolam-kolam portabel untuk diisi air dan es batu untuk berendam.

Di tengah suhu panas ini, pembalap mesti menaklukkan trek yang tidak mudah. Rider Indonesia tidak mengenal Sirkuit Suzuka seakrab kompetitornya dari Jepang.

"Saya baru kali ini, sejak menyiapkan endurance race ini menjajal Suzuka. Rasanya semua tantangan di berbagai sirkuit lain ada di sini," kata Emanuel Pratna, rider termuda tim Yamaha Racing Indonesia.

Pembalap 17 tahun ini nyaris memabrak rider lain saat free practice pertama (24/7). "Di satu tikungan, lintasan di depan baru keliatan setelah belok. Ternyata ada pembalap yg lagi pelan," urainya.

"Sirkuit ini memang sangat teknis. Variasinya banyak sekali. Dari berbagai tikungan, tingkat speed dengan tanjakan dan turunan," imbuh Momon. (otosport.co.id)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa