Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GP2 Hongaria. Jalannya Feature Race di Mana Rio Haryanto Finish Ke-4

Minggu, 26 Juli 2015 | 02:20 WIB
No caption
No credit
No caption

Budapest – Rio Haryanto meraih hasil signifikan di featurerace atau race pertama seri keenam di sirkuit Hungaroring (25/7). Ia finishke-4 dengan ‘bonus’ besar yakni rival terdekatnya, Alexander Rossi dari tim RacingEngineering finish ke-12.

Tapi lomba kali ini bukan kompetisi yang mudah. Ketika limalampu padam tanda balapan feature race dimulai, Rio yang start ketujuh berhasilmenyalip dua pembalap dan berada di urutan kelima. Namun, karena kondisi trekyang sangat ramai dan di sirkuit yang sempit Rio memilih berkendara secara amanuntuk menghindari insiden.

Langkah ini membuat Rio harus merelakan beberapa posisi,tetapi ia yakin dapat merebutnya kembali begitu kondisi trek menjadi lenggang.

Tidak menunggu lama, Rio berhasil menyalip pembalap SelandiaBaru, Mitch Evans di lap keenam untuk posisi kedelapan. Rio kini mulaimendapatkan irama dan di lap kedelapan, Rio berhasil mencatat waktu tercepatsementara.

Dua lap kemudian, pembalap yang disupport Pertamina inimelakukan pitstop wajibnya untuk penggantian ban. Dengan ban medium, pembalaptim Campos Racing ini berhasil keluar dari pit di depan rekan setimnya, ArthurPic dan pesaing terdekatnya di klasemen, Alexander Rossi.

Ia juga hanya berjarak 6 detik di belakang Stoffel Vandoorneyang terkena penalti tambahan waktu 5 detik pada akhir balapan. Secara teori,Rio hanya harus berada kurang dari 5 detik di belakang Vandoorne, untuk ‘menyalip’pembalap Belgia tersebut.

 Rio terus menjagajarak 5 detik di belakang Vandoorne. Ia bahkan berhasil memotong jarak hinggahanya berada 2 detik di belakang Vandoorne pada 10 lap terakhir. Namun saatberada di posisi ketiga, mobil mulai kehilangan grip ban.

Ia menjaga posisi podiumnya hingga lap akhir. Namun, aksiagresif Sergey Sirotkin di pengujung balapan, membuat Rio harus kehilangansayap depan. Dengan kondisi mobil yang rusak, Rio akhirnya menyelesaikanbalapan di urutan keempat.

 “Balapan hari iniberlangsung cukup lama. Saya mendapatkan start yang bagus, namun sayakehilangan beberapa posisi karena ada dua mobil yang menyerang saya dan saya memilihberkendara secara aman,” terang Rio.

“Tetapi saya berhasil mendapatkan posisi kembali sebelumsaya melakukan pitstop. Saya sempat memimpin jalannya balapan tetapi pembalapyang mengganti ke ban option melaju lebih cepat. Pada akhirnya saya berada diposisi ketiga hingga putaran terakhir, namun terdapat insiden di tikungan keduaterakhir yang membuat saya terpaksa finish di urutan keempat,” lanjutnya.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa