Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Anak Milyuner Hong Kong Siapkan Bibit Pembalap F1 Masa Depan

Rabu, 15 Juli 2015 | 21:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Silverstone – Theodore Racing eks konstruktor Formula 1 asalHong Kong menyiapkan tim balap yang bertarung di Jepang, Theodore Racing JuniorTeam. Tim ini dikomandoi Teddy Yip Jr., anak milyuner Hong Kong, Teddy Yip. Merekamenyiapkan beberapa pembalap Jepang yang akan bertarung di Super FJ.

Theodore Racing sendiri punya ‘sister team’ dengan StatusGrand Prix yang kini bertarung di GP2 dan GP3. Status Grand Prix dimiliki TeddyYip Jr.,. Lalu apa hubungannya dengan F1?

Theodore Racing merupakan konstruktor Formula 1 asal HongKong yang dibentuk oleh pengusaha real estate dan milyuner Teddy Yip di tahun ’70-an.Yip saat itu merupakan pembalap amatir dan bersama Sid Taylor mensponsoripembalap Vern Schuppen di Formula 5000 tahun 1970. Pada 1974 mereka masuk keformula 1 sebagai tim Ensign.

Yip sendiri menjalankan tim balap di Macau GP sampai 1980dan pada 1983 terjadi perubahan dari Formula Atlantic menjadi Formula 3 (F3).Hasilnya sukses besar ketika Theodore Racing memenangkan event ini beberapakali di tahun pertama F3 lewat tangan pembalap legendaris Ayrton Senna.  

Pada 2013, Theodore Racing kembali ke trek lewat putranya,Teddy Yip Jr., di Macau Grand Prix untuk memperingati 30 tahun kemenangan Sennadi balap ini. Hingga akhirnya kini membentuk tim junior dengan pembalap TakeruOkamura.

“Ayah saya menangani empat pembalap yang kelak menjadi juaraFormula 1, Ayrton Senna, Keke Rosberg, Mika Hakkinen dan Alan Jones. Untuk itukami berharap salah satu pembalap junior Asia suatu hari nanti dapat mencapailevel sukses ini,” ujar Teddy Yip Jr., dalam siaran pers yang diterima otomotifnet.com.

“Kami senang hati memiliki Ryuji ‘Dewi’ Nakaya sebagaiSporting Director dan instruktur di tim junior kami yang juga menangani proyekmobil McLaren GT, memiliki peran penting di Williams F1 Team di samping DaveStubss, direktur operasional tim saudara kami, Status Grand Prix. Dengan alasanini kami yakin program Asia dan Eropa kami bekerja dengan harmonis,” lanjutnya. 

Super FJ sendiri merupakan balap formula dengan mesin 2.000cc turbo dari Honda, Toyota dan lainnya seperti yang dipakai pada balap DTM danSuper GT GT500. Sehingga pabrikan dari DTM dan Super GT bisa ikutan balap ini.Seperti F1, mobil ini dilengkapi Drag Reduction System (DRS).

Theodore Racing Junior Team

Team Principal:                         Teddy YIP Jr

Managing Director:                   David KENNEDY

Team Manager:                         Kaori SHIU

Sporting Director:                     Ryuji “Dewi” NAKAYA

Administrator:                           Kazuhisa KANEYA

Drivers

Super FJ Suzuka Series:           Takeru OKAMURA

Test driver:                                Shota NAKANO



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa