Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Balap Mobil : Hulkenberg Bantu Porsche Tumbangkan Dominasi Audi Di Le Mans

Dimas Pradopo - Selasa, 16 Juni 2015 | 23:27 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sarthe – Pembalap F1 Nico Hulkenberg yang baru sekali ikut balap mobil ketahanan Le Mans 24 Jam, membantu Porsche pertama menang sejak 1998 sekaligus menumbangkan dominasi Audi yang selalu menang.

Porsche mengakhiri dominasi Audi di balap Le Mans 24 Jam hari Minggu (7/6) dengan finish 1-2 dan Hulkenberg meraih kemenangan di penampilan perdananya.

Mengemudikan mobil nomor #19 di kelas LM1, pembalap F1 tim Force India itu bekerja sama dengan Earl Bamber dan Nick Tandy, finish terdepan membawa Porsche meraih kemenangan di sirkuit Sarthe, Prancis ini sejak 1998.

Porsche mencetak kemenangan ke-17, memperpanjang rekornya sendiri sebagai pabrikan paling banyak menang di Le Mans.

Balapan ini dimulai Sabtu sore dan berakhir pukul 3 sore hari Minggu. Diikuti 55 mobil dari berbagai merek di beberapa  kelas dan dilepas bersamaan. 

“Jujur saja saya tidak dapat berkata apa-apa,” ujar Hulkenberg sebelum mengangkat trofi berat dengan bantuan rekan-rekan setimnya.


Hulkenberg yang pernah balapan di sirkuit Sentul itu mengaku sangat senang, karena pertama kali balapan di sini langsung menorehkan sejarah. Hulkenberg pembalap F1 pertama yang masih aktif untuk menang, sejak Johnny Herbert pada 1991.

Pembalap asal Jerman yang mengendarai Porsche 919 Hybrid itu tidak menyangka mendapat hasil seperti ini. Sebab ia tiba di Le Mans langsung setelah sebelumnya balapan di GP Kanada.

Uniknya, tiga pembalap yang menang ini memiliki sedikit pengalaman dari tiga mobil yang diturunkan Porsche. Hulkenberg kurang akrab dengan Le Mans sampai pengujian dua minggu lalu. Hanya Tandy yang punya pengalaman sebelumnya di Le Mans.

Tandy jadi pembalap Inggris ke-30 yang memenangkan event ini. Sementara Bamber mengikuti jejak pembalap F1 asal Selandia Baru, Bruce McLaren dan Chris Amon pada 1966 menang di Le Mans.

Trio pembalap Porsche ini menggagalkan niat Audi yang menguasai lomba 13 kali dari 15 balapan terakhir. Tempat kedua diisi pembalap Porsche lainnya yang salah satunya mantan pembalap F1, Mark Webber. (otosport.otomotifnet.com)

Hasil Lomba (10 Besar)
1. Hulkenberg/Tandy/Bamber GER Porsche 919 Hybrid 395 laps LMP1 
2. Webber/Hartley/Bernhard GER Porsche 919 Hybrid 394 laps LMP1 
3. Lotterer/Fassler/Treluyer GER Audi Sport Team Joest R18 e-tron 393 laps LMP1 
4. Duval/di Grassi/Jarvis GER Audi Sport Team Joest R18 e-tron 392 laps LMP1 
5. Jani/Lieb/Dumas GER Porsche 919 Hybrid 391 laps LMP1 
6. Wurz/Conway/Sarrazin JPN Toyota Gazoo TS040 Hybrid 387 laps LMP1 
7. Albuquerque/Bonanomi/Rast GER Audi Sport Team Joest R18 e-tron 387 laps LMP1 
8. Davidson/Buemi/Nakajima JPN Toyota Gazoo TS040 Hybrid 386 laps LMP1 
9. Howson/Lapierre/Bradley HKG KCMG Oreca 05-Nissan 368 laps LMP2 
10. Turvey/Evans/Dolan GBR Jota Gibson-Nissan 368 laps LMP2 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa