Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

WRC : Reli Monte Carlo: Loeb Tercepat, Citroen Kuasai Sesi Uji Coba

Dimas Pradopo - Kamis, 22 Januari 2015 | 17:20 WIB
No caption
No credit
No caption


Monte Carlo – Juara dunia reli 9 kali Sebastien Loeb tampil tercepat dalam sesi uji coba (shakedown) seri pembuka WRC 2015 di Monte Carlo. Diikuti rekan setimnya yang sekaligus membawa Citroen DS3 WRC menguasai catatan waktu di depan juara dunia Sebastien Ogier dengan VW Polo R WRC.

Loeb yang coba kembali ke olahraga yang telah membesarkan namanya, tampil sensasional. Tanpa membuang-buang waktu, ia langsung tancap gas. Loeb yang menekuni balap mobil touring, tak perlu waktu lama untuk merasakan dirinya telah berada di kejuaraan reli dunia ketika mengukir waktu terkencang.

Pada shakedown yang mengambil lokasi di Chateauvieux sejauh 3,52 km, pereli tim Citroen Total Abu Dhabi itu mencatat waktu 2 menit 21 detik. Unggul tipis 0,4 detik atas rekan setimnya, Kris Meeke. 

Pemenang reli Monte Carlo 2014 yang juga juara dunia bertahan, Sebastien Ogier, masuk finish urutan ketiga, terpaut 1,1 detik. Mantan pembalap F1, Robert Kubica ada di posisi 5 besar.

Loeb menunjukkan jadi yang terbaik. Padahal terakhir kali berada di mobil reli, lebih dari 450 hari lalu. “Ini bukan cara yang buruk untuk kembali ke WRC. Saya langsung merasa nyaman berada di dalam mobil, tetapi ini tidak akan menjadi reli yang mudah,” jelasnya kepada WRC.com.

“Awalnya berjalan sempurna. Setelah itu jadi kacau dengan adanya lumpur di mana-mana. Saya tidak bisa mengemudi seperti ketika kondisi lintasan bersih. Jadi saya tidak terlalu memaksa,” katanya seraya bilang masih mengkhawatirkan kondisi cuaca.

Meskipun tercepat di sesi pembuka, Loeb akan menjalani giliran start SS1 (Kamis, 22/1) dari posisi 14. Karena tahun lalu ia tidak mencetak point di kejuaraan WRC.

“Dengan peraturan baru, kita ikuti saja. Tergantung pada kondisi, mungkin ada baiknya (berada di urutan 14) atau mungkin kita tidak punya kesempatan,” ujar Loeb yang coba melakukan yang terbaik.

Peserta akan memulai SS1 dengan rute Entrevaux–Rouaine sejauh 21,31 km. (otosport.otomotifnet.com)

Hasil sesi shakedown
1. Sebastien Loeb / Citroen Total Abu Dhabi WRT / DS3 WRC / 2m 21.0s M 
2. Kris Meeke / Citroen Total Abu Dhabi WRT / DS3 WRC / 2m 21.4s M 
3. Sebastien Ogier / Volkswagen Motorsport / Polo R WRC / 2m 22.1s M 
4. Andreas Mikkelsen / Volkswagen Motorsport II / Polo R WRC / 2m 22.2s M 
5. Robert Kubica / RK WRT / Ford Fiesta RS WRC / 2m 22.3s M 
6. Elfyn Evans / M-Sport WRT / Ford Fiesta RS WRC / 2m 22.4s M 
7. Mads Ostberg / Citroen Total Abu Dhabi WRT / DS3 WRC / 2m 22.8s M 
8. Sebastien Chardonnet / Citroen / DS3 WRC / 2m 22.8s M 
9. Thierry Neuville / Hyundai Motorsport / i20 WRC / 2m 24.9s M 
=. Dani Sordo / Hyundai Motorsport / i20 WRC / 2m 24.9s M

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa