Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

RELI DAKAR : Al-Attiyah Memimpin, Rekan Setimnya Terguling

Dimas Pradopo - Kamis, 15 Januari 2015 | 12:49 WIB
No caption
No credit
No caption


Argentina – Nasser Al-Attiyah tampil dominan untuk memenangkan tahapan 10 (14/1), sementara rekan setimnya di Mini, Nani Roma mengalami kecelakaan hebat. 

Setelah meninggalkan Calama di Cile, peserta masuk perbatasan ke Argentina saat menuju Salta, Rabu kemarin. Tahapan 10 yang memiliki special stage sejauh 359 km ini juga merupakan salah satu rute terberat.

Peserta menempuh rute padang garam luas yang terkenal, Salinas Grandes pada ketinggian 3.600 meter di atas permukaan laut. Begitu melewati tantangan cukup besar ini, kontestan memasuki bagian yang sulit untuk menyelesaikan tahapan ini.

Yaitu lintasan gravel pada ketinggian sekitar 4.000 meter di atas permukaan laut juga jadi tantangan berat. Udara tipis memiliki pengaruh besar pada fisik pereli serta tenaga mesin. Namun Mini All4 Racing kembali terbukti jadi mobil yang andal dan kuat pada kondisi yang ekstrem ini.

Al-Attiyah membuktikannya dengan merengkuh kemenangan keempatnya, sekaligus memperlebar jaraknya dari Giniel De Villiers yang masuk finish di posisi lima. De Villiers yang mengemudikan Toyota Hi-Lux tertinggal 4 menit lebih dari Al-Attiyah, sehingga di klasemen umum waktunya melorot jadi 28 menit.

Pereli Toyota lainnya  yang juga dalam upaya memberi tekanan pada Al-Attiyah, Yazeed Al-Rajhi, hanya mampu masuk finish di urutan 3. Ini membuat pereli asal Arab Saudi itu tetap berada di urutan 3 klesemen keseluruhan, di belakang De Villiers.

Al-Attiyah menilai kemenangannya itu diraih bukan dengan hal yang mudah. Juara Reli Dakar 2011 itu pun merasa senang bisa dan berharap semoga terus seperti ini.

Sayang kemenangan itu tidak diikuti rekan setimnya, Nani Roma. Setelah di tahapan sebelumnya pompa oli mobilnya bermasalah namun bisa finish pertama, kini mobil Mini All4 Racing yang dikemudikannya berguling beberapa kali setelah melaju sejauh 193 km.

Roma dan co-drivernya, Michel Perin dilaporkan tidak mengalami cedera. Juara Reli Dakar 2014 itu tidak dapat melanjutkan lomba. (otosport.otomotifnet.com)

Hasil Stage 10:
1. Nasser Al-Attiyah (Qatar Rally Team) 3h 49m 59s
2. Orlando Terranova (Mini) +1m 35s
3. Yazeed Al-Rajhi (Toyota), +3m 39s 
4. Leeroy Poulter (Toyota) +4m 6s
5. Giniel de Villiers (Toyota), +4m 24s

Posisi Keseluruhan:
1. Nasser Al-Attiyah (Qatar Rally Team) 35h 19m 37s
2. Giniel de Villiers (Toyota) +28m 22s
3. Yazeed Al-Rajhi (Toyota), +43m 8s 
4. Krzysztof Holowczyc (Mini) + 1h 23m 42s
5. Erik van Loon (Mini) + 2h 51m 13s

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa