Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

RELI DAKAR : Carlos Sainz Kandas Setelah Mobilnya Terbalik

Dimas Pradopo - Jumat, 9 Januari 2015 | 15:45 WIB
No caption
No credit
No caption


Cile – Juara Reli Dakar 2010, Carlos Sainz tidak bisa melanjutkan lomba setelah mobilnya terbalik 5 kali di tahapan kelima, Kamis (8/1). Lomba yang menempuh dari Copiapo dan berakhir di Antofagasta, Cile ini dimenangkan Vladimir Vasilyev (tampak pada foto di atas).

Pada rute sepanjang 458 km ini, Vasilyev tampil gemilang sejak lomba dimulai tanpa ada masalah. Dengan demikian ia menjadikan mobil Mini All4 Racing memenangkan 5 tahapan Reli Dakar 2015.

Pereli asal Rusia yang tahun lalu duduk di posisi 10 klasemen keseluruhan, masuk finish di depan pereli Toyota, Yazed Al-Rajhi dengan selisih 20 detik. Pereli Amerika, Robby Gordon berada di urutan tiga.

Di tahapan 5 ini, pimpinan klasemen sementara Nasser Al-Attiyah (Mini) finsih keempat. Namun posisinya cukup aman, mengingat rival terdekatnya, Giniel de Villiers (Toyota) menyelesaikan lomba dua posisi di belakangnya. Pereli Qatar itu kini unggul 10 menit dari driver asal Afrika Selatan.

Sementara itu Stephane Peterhansel kembali sebagai pereli tim Peugeot terbaik ketika finish di tempat kelima. Rekan setimnya, Carlos Sainz keluar dari lomba. Mobil Peugeot 2008 DKR yang dikemudikannya terguling 5 kali, 20 km menjelang finish. Juara dunia reli itu dan co-drivernya dilaporkan baik-baik saja. 

Kembalinya Peugeot ke Reli Dakar setelah 25 tahun absen, seperti kurang mulus. Pereli ketiga tim yang mengusung nama Peugeot Total, Cyril Despres juga mengalami masalah. Ia sempat berhenti 2 jam dan coba memperbaiki mobilnya. Namun ia tidak mencapai finish.

Kondisi lintasan di tahapan 5 ini memang cukup berat. Berupa bukit pasir yang luas di ketinggian hampir 3.000 meter di atas permukaan laut. Lalu melintas permukaan tanah. Banyak peserta mengalami masalah pada bannya.

Tahapan 6 dimulai Jumat dari Antofagasta finish di Iquique dengan tahapan khusus sejauh 255 km untuk peserta mobil dan truk. (otosport.otomotifnet.com)
  
Hasil Stage 5:
Pos Driver Team Car Gap
1 Vladimir Vasilyev / Vasilyev Racing Team / Mini/BMW / 4h19m18.s
2 Yazeed Al-Rajhi / Yazeed Racing / Toyota / 20.s
3 Robby Gordon / Speed Energy Racing / HST/Chevrolet / 1m25.s
4 Nasser Al-Attiyah / Qatar Rally Team / Mini/BMW / 3m24.s
5 Stephane Peterhansel / Team Peugeot Total / Peugeot / 4m04.s

Posisi Keseluruhan:
Pos Driver Team Car Gap
1 Nasser Al-Attiyah / Qatar Rally Team / Mini/BMW / 16h53m26.s
2 Giniel de Villiers / Toyota Imperial Team South Africa / Toyota / 10m35.s
3 Yazeed Al-Rajhi / Yazeed Racing / Toyota / 20m29.s
4 Krzysztof Holowczyc / Monster Energy Rally Raid Team / Mini/BMW / 48m55.s
5 Erik van Loon / Xdakar / Mini/BMW / 53m25.s

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa