Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banyak Kecelakaan di Formula E Uruguay, Sebastien Buemi Menang

Dimas Pradopo - Senin, 15 Desember 2014 | 18:24 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Uruguay – Diwarnai keluarnya safety car 4 kali, Sebastien Buemi keluar sebagai juara Formula E seri ketiga di Punta del Este, Uruguay (13/12). Ini kemenangan pertama mantan pembalap F1 tim Toro Rosso di balap mobil formula bermesin listrik.

Boleh dibilang Buemi menang berkart strategi yang dijalani. Start dari posisi 4, pembalap tim e.dams-Renault  ini mejalani start yang mulus. Sementara di depannya terjadi perubahan tempat, Jean-Eric Vergne yang menempati pole position disalip Nelson Piquet Jr.

Jalannya lomba di trek yang berada di tepi pantai ini berlangsung ketat. Vergne yang juga mantan pembalap F1 tim Toro Rosso dan pendatang baru yang memperkuat tim Andretti, tampaknya bakal memenangkan lomba.

Sayang saat start ia kalah sigap dan posisinya langsung diambil Piquet Jr. Meski begitu, Vergne tetap menekan anak juara dunia F1 3 kali asal Brasil, Nelson Piquet. Di saat sedang serunya perebutan tempat pertama, safety car (SC) keluar.

SC masuk trek setelah Sam Bird (pemenang seri kedua di Putra Jaya, Malaysia), menabrak pinggir lintasan. Tak lama kemudian mobil Antonio Felix da Costa yang mencium tembok trek. Lagi-lagi SC memandu pembalap.


Begitu SC masuk, lintasan kembali clear, moncong mobil Vergne hampir menempel belakang mobil Piquet Jr. Vergne pun berhasil mendahului di tikungan. Di lap 16, Vergne masuk pit untuk ganti mobil karena tenaga baterai mobilnya sudah hampir habis.

Ketika sedang ganti mobil, terjadi crash lagi dan menyebabkan SC kembali masuk lintasan. Kali ini Stephane Sarazzin yang melintir usai melibas kerb (gundukan di tikungan).

Ketika itu Nick Heidfeld memipin di depan, diikuti Buemi, Vergne dan Piquet Jr. Heidfeld kena drive through penalty karena menyalahi aturan masuk pit. Buemi mengambil alih jalannya lomba.

Balapan menyisakan 3 lap lagi, Matthew Brabham kecelakaan. Otomatis lomba kembali dipimpin SC. Namun ketika SC keluar dari trek, Vergne bersaing ketat dengan Buemi. Di saat hampir berdekatan. Tiba-tiba mobil Vergne melambat dan kemudian berhenti.

Buemi pun melenggang menyentuh garis finish pertama diikuti Piquet Jr dan Lucas di Grassi. Buemi mengaku senang, strateginya ia tetap menjaga energi mobil.  (otomotifnet.com)

Hasil Lomba 31 Lap
1.Sebastien Buemi    e.dams-Renault     49:08,990
2.Nelson Piquet Jr    China Racing     +0,732dtk
3.Lucas di Grassi    Audi Sport ABT     +2,635dtk
4.Jarno Trulli        Trulli         +4,163dtk
5.Jaime Alguersuari    Virgin Racing     +4,698dtk

Klasemen pembalap

1.Lucas di Grassi 58
2.Sebastien Buemi 40
3.Sam Bird 40
4.Nicolas Prost 24
5.Nelson Piquet Jr. 22

Klasemen tim
1.e.dams-Renault Formula E 64
2.Audi Sport ABT Formula E 62
3.Virgin Racing Formula E 54
4.Dragon Racing Formula E 36
5.Andretti Formula E 33


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa