Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hadapi Hujan dan Kering, Sean Gelael Finish 13 di F3 Spa Francorchamps

Selasa, 24 Juni 2014 | 12:12 WIB
No caption
No credit
No caption


Pembalap Indonesia Sean Gelael yang berkompetisi di Formula 3 Eropa harus berjibaku dengan perubahan cuaca untuk menaklukkan F3 Eropa seri Belgia di sirkuit Spa Franchorchamps. Sean cukup pede menghadapi seri ini karena berhasil meraih poin pada seri sebelumnya di Pau dan Hungaroring.

Menghadapi seri Belgia ini, kondisi cuaca tak menentu jadi tantangan tersendiri buat putra dari pereli nasional Ricardo Gelael. Terlebih saat kualifikasi, semua pembalap harus mencatat waktu untuk menentukan posisi start pada tiga race di seri ini.

Usaha Sean di awal kualifikasi terhalang oleh mobil lain, sehingga kurang maksimal karena Sean hanya melakukan satu putaran saja. Pada babak kualifikasi berikutnya, Sean cukup baik mencatat waktu, namun pada kondisi basah. Sehingga pada saat lintasan mengering, pembalap lain dengan ban yang lebih sesuai bisa menorehkan waktu lebih cepat.

“Di sesi kualifikasi pertama, saya hanya melakukannya dalam satu putaran. Ini adalah lintasan terpanjang dalam kalender balap tahun ini, dan semua pebalap berada di lintasan – Saya memperlambat kendaraan dan berusaha mencari ruang untuk diri saya sendiri,” terang Sean.

 “Kami sangat tidak beruntung di sesi kedua, keputusan yang dibuat tim tidak berjalan dengan baik. Kami adalah tim pertama yang bermasalah dengan ban belakang kami. Saya bahkan harus melakukan pit stop di tengah sesi untuk mengganti ban belakang saya, tetapi hal tersebut hanya membuat saya menggalami understeer yang parah”

Dengan posisi start yang kurang bagus, Sean terus bertarung pada ketiga race. Hasilnya, race 1 Sean Finish 18, lalu race 2 dan 3 masing-masing finish 13.

“Race pertama tidak berjalan dengan baik karena kami tidak memliki keseimbangan yang baik,” kata Sean. “Kendaraan sudah lebih baik di race kedua, tetapi saya kehilangan banyak waktu saat Spike melintir di depan saya. Spa adalah sirkuit yang selalu menyulitkan, karena dengan dengan teknik slipstreaming, semua pebalap berusaha untuk maju ke depan sekalius harus mempertahankan posisinya dari pebalap di belakangnya”

“Di race ketiga, kecepatan kami sudah jauh lebih baik, walaupun sebelumnya kami sudah  menggunakan ban baru, dan yang digunakan di race ini sudah tidak terlalu baik. Insiden dengan Spike merusak hidung kendaraan saya, tetapi selebihnya semua berjalan dengan baik, dan saya sangat senang”

Selanjutnya, Sean Gelael dan Tim Jagonya Ayam with Carlin akan menuju seri berikutnya di sirkuit jalan raya Norisring, Jerman. “Tentu saja harus ada beberapa perbaikan yang harus saya lakukan” ujar Sean, “Tetapi kami semua sangat menantikan balapan selanjutnya di Norisring,” tambah Sean. (otosport.co.id)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa