Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subhan Aksa Pakai Ford Fiesta RRC Buat WRC2 Portugal

Selasa, 1 April 2014 | 19:17 WIB
No caption
No credit
No caption


Pereli nasional Subhan Aksa kembali bersiap untuk menghadapi WRC2 musim kompetisi 2014, seri pertama akan berlangsung di Portugal, 3-6 April 2014. Saat ini, Ubang, sapaan karibnya baru saja menyelesaikan sesi testing bareng tim M-Sport pada Senin (31/3) lalu.

Reli Portugal (Vodafone Rally de Portugal) menyisakan catatan pahit bagi Ubang. Betapa tidak, tahun lalu pereli Bosowa Rally Team itu mengalami kecelakaan cukup fatal pada lintasan gravel khas reli ini.

Rupanya penggeber Ford Fiesta ini tidak kapok. Seperti tahun lalu, Subhan Aksa memutuskan memulai perjuangan di WRC2 pada seri Portugal. “Lintasannya sangat teknikal. Banyak crest (tikungan buta atau ujungnya tak kelihatan) sehingga akurasi pacenote sangat vital. Saya banyak belajar pada tahun lalu dan sekarang ingin lebih banyak belajar lagi di sini, khususnya soal teknik mengemudi maupun set up mobil,” ujar Ubang.

Apakah karena penasaran? “Kalau dibilang bikin penasaran, ya memang betul. Tapi, motivasi saya sepenuhnya untuk mematangkan skill, mengasah diri. Sangat banyak lokasi SS yang konturnya jarang ditemui di trek lain dan itu sangat menarik untuk dipelajari dan dilewati dengan kecepatan tinggi,” tambah pemegang tiga titel juara nasional reli ini.

Nah, kali ini, Ubang akan menggeber Ford Fiesta RRC (Regional Rally Car). Sedikit beda dan tidak secanggih Fiesta R5 andalannya tahun lalu. Disebutnya, mobil ini untuk lebih menimba pengalaman, sehingga target pun hanya tampil sebaik mungkin dan menggali lebih banyak ilmu di kejuaraan reli setingkat di bawah WRC itu.

Pada seri pertama WRC2 musim ini, Robert Kubica dan Elfyn Evans sudah naik kelas ke WRC. Namun masih banyak pereli berpengalaman seperti Nicolas Fuchs (Peru), Robert Barrable (Irlandia), Jari Ketomaa (Finlandia), Valeriy Gorban (Ukraina), Yuriy Protasov (Ukraina), enggak ketinggalan pereli Timur Tengah Nasser Al-Attityah (Qatar), Abdulaziz Al-Kuwari (Qatar, dan Rashid Al-Ketbi (Saudi Arabia).

“Nama-nama itu sebagai jaminan kalau persaingan di WRC2 akan sangat ketat dan butuh strategi matang di setiap SS,” ulas Ubang yang menyebut kalau sesi tes kemarin kurang maksimal karena hujan. “Mudah-mudahan sesi balapnya nanti berlangsung kering. Kondisi lintasan bisa berantakan kalau hujan dan tak bakal banyak yang bisa saya pelajari,” harapnya. Sukses sob! (otosport.co.id)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa