Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

WRC : Subhan Aksa Mulai Konsisten di Urutan 5 Besar WRC2

Bagja - Minggu, 27 Oktober 2013 | 07:57 WIB
No caption
No credit
No caption


Tiga SS (Special Stage) awal RACC Rally de Espana yang berlangsung malam hari pada Jumat (27/10) dilewati Subhan ‘Ubang’ Aksa dengan penuh kewaspadaan. Ia sama sekali tak tergoda untuk menyaingi para pereli papan atas kelas WRC2 yang diikutinya. Tapi, prinsip waspada tak berarti harus pelan bawa pacuan. Artinya, dalam tiga SS itu Ubang tak harus mengerahkan seluruh kemampuan yang ia miliki.

"Masih sedikit kurang percaya diri untuk tancap gas maksimal. Kita lalui dengan hati-hati. Terutama dengan keadaan yang gelap ditambah lintasan SS yang sebagian baru pertama kali ini saya lewati. Selian itu,  pacenote-nya masih baru, belum betul-betul meyakinkan," komentar pentolan Bosowa Fastron Rally Team (FBRT) itu yang akhirnya menyelesaikan tiga SS dengan posisi 6 Besar.

Hari kedua, Sabtu (25/10), melombakan 9 SS dan semuanya berlangsung siang. Ubang dan navigator Nicola Arena mulai ‘melek’ dan coba tingkatkan kecepatan untuk mendongkrak posisi. Pelan tapi pasti, mereka mulai bisa mengimbangi sejumlah pereli di atasnya. Hingga SS6 yang berakhir siang waktu Spanyol atau Sabtu petang WIB, posisi Ubang sudah naik setapak ke posisi 5 Besar WRC2. Untuk hasil keluruhan dari  59 starter, peringkatnya di posisi  21.

Dari 6 SS yang sudah dilalui, ia merasa SS5 yang paling berat. Lintasan bernama El Priorat itu berjarak yang paling panjang yaitu 42 km dan penuh kelokan patah yang menyiksa kinerja rem. Akibatnya, mobil R5 yang dibesut Ubang pun sempat kehilangan fungsi rem pada beberapa kilometer terakhir. Pacuannya harus melambat dan akhirnya finish ke-7 pada lokasi itu.

Sementara ini ada empat pereli WRC2 di atas Ubang. Tercepat adalah Robert Kubica (Polandia) yang memenangi seluruh SS awal. Mantan pembalap Formula 1 itu memang favorit juara. Posisi kedua ditempati Elvyn Evans (Inggris) yang merupakan kolega Ubang karena sama-sama dalam naungan teknis M-Sport. Urutan 3 dan 4 ditempati Sepp Wigand (Jerman) dan Yazeed Al Rahji (Saudi Arabia).

“Sekarang yang penting adalah mempertahankan posisi dalam tiga SS terakhir hari ini, syukur kalau bisa naik setingkat lagi. Dari situ akan kita tentukan langkah berikutnya pada hari terakhir Minggu (27/10). Insya Allah semuanya lancar dan bisa finish dengan posisi lebih baik,” tandas Ubang, sesaat sebelum start SS7. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa