Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subhan Aksa Tampil Kompetitif di Urutan 4 WRC2 Yunani

Bagja - Sabtu, 1 Juni 2013 | 22:54 WIB
No caption
No credit
No caption


Sudah 6 SS digelar dari total 14 SS sampai hari terakhir Minggu (2/6). Hingga usai SS6 tersebut pada Sabtu (1/6) petang WIB, posisi pereli Indonesia Subhan Aksa masih kokoh di urutan 4 kelas WRC-2 namun tetap bertengger di posisi 14 Besar overall WRC.

Waktu terbaik punggawa Bosowa Fastron Rally Team (BFRT) itu diukir pada SS6 berjarak 21,36 km. Subhan dan navigator Nicola Arena (Italia) sukses finish di urutan kedua. Waktu tempuhnya pun hanya defisit 0,9 detik dari Robert Kubica (Polandia) yang menjuarai SS ini.

Selisih waktu yang tergolong fantastis mengingat reputasi Kubica sejauh ini di Rally Yunani. Eks pembalap F1 itu memenangi seluruh SS yang sudah digelar dan mantap memimpin overall WRC2 dengan keunggulan 1 menit 38,5 detik atas Yuri Protasov di urutan kedua.

Posisi tiga ditempati pereli Qatar yang musim lalu terjun di WRC, A. Al-Kuwari, sementara Subhan di urutan 4 masih tertinggal 2:37,5 dari Kubica. Namun, ketertinggalan Subhan dari Kuwari kini hanya tertinggal 53,1 detik.

Sukses Subhan menempel Kubica tak pelak mengundang sorotan berbagai pihak. Prestasi sebagai runner up Yunani tahun lalu pun kembali jadi referensi. Situs resmi wrc.com yang menyiarkan langsung lomba ini lewat live streaming pun langsung mewawancarai Subhan pasca finish SS6 tersebut.

“Saya sangat bersyukur dengan hasil sejauh ini. Kami sudah bisa push kecepatan mobil dengan kencang dan di beberapa kondisi lintasan lebih baik dari dugaan. Catatan waktu pun sudah mulai bagus,” ujar Ubang, panggilan pereli muda asal Makassar ini.

Namun, Subhan mengingatkan, ia dan Arena tak boleh terlena. Masih ada 8 SS sampai hari terakhir dan semuanya perlu perjuangan keras mengingat kondisi trek yang lebih parah dari tahun lalu.

“Kami harus tetap fokus dan terus mencoba untuk push kecepatan mobil. Posisi saat ini memang sudah mendekati podium, tapi biarlah itu kami pikirkan di hari terakhir bagaimana kemungkinannya. Sekarang kami jalani saja SS berikutnya,” tambahnya. 

Usai SS6 tengah hari, seluruh peserta bisa rehat makan siang sejenak sembari membenahi pacuan masing-masing di service park. Sisa SS yang dijalani hari ini adalah SS7 sampai 10. Apa pun bisa terjadi dalam empat SS itu, dan semoga saja hasilnya semakin bagus buat Subhan sebagai satu-satunya wakil Asean di kejuaraan dunia ini. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa