Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subhan Timba Ilmu Dengan Gonta-Ganti Navigator!

Bagja - Rabu, 7 November 2012 | 14:19 WIB
No caption
No credit
No caption


Dalam rangka menimba ilmu baru di ajang balap internasional sekelas Production World Rally Championship (PWRC) Subhan Aksa menuturkan alasan suka gonta-ganti navigator. Dalam enam seri PWRC ia ikuti musim 2012, hanya sekali ia didampingi navigator setianya, Hade Mboi di Reli Argentina bulan April 2012. Selebihnya menggunakan 3 orang navigator asing.

Navigator terbaru adalah Bill Hayes (Australia) bakal mendampinginya di Spanyol. Kali ini banyak hal baru yang ditemukan dan didiskusikan antara Ubang (nama panggilan Subhan Aksa) dengan Bill. Terutama pada bagian pacenote (catatan petunjuk layout trek) yang tujuannya adalah agar memberikan kepercayaan diri pada Ubang supaya bisa memacu mobilnya lebih kencang dilintasan aspal.

“Bill sangat berpengalaman, banyak masukan baru darinya. Terutama di trek aspal yang selama ini menjadi kelemahan saya. Kami hanya perlu waktu untuk membiasakan diri,” tambah Subhan yang sepanjang Senin (5/11) melakukan latihan di lintasan aspal hingga berlanjut pada Selasa (6/11) dan Rabu (7/11) melakukan survey lintasan resmi bersama Bill Hayes.

Berdasarkan latihan dan survey itu, Subhan menilai tantangan terbesarnya adalah cara menyetir di lintasan aspal dan gravel yang terhampar di Rally Spanyol lantaran karakter-nya sangat berbeda. Ia harus mengubah kebiasaan di balik kemudi. Itu tak mudah, terlebih di lintasan aspal Spanyol yang tricky dan berbahaya.

Soal kans memenangi reli ini, Subhan bilang selalu ada peluang, karena banyak faktor yang menentukannya. Tampil tanpa beban menjadi nilai plus dibanding lima pesaingnya yang pastinya ngotot untuk bertarung memperebutkan gelar.

“Kita tunggu momentum saja. Kalau ada peluang jadi juara, pasti akan kami kejar. Kalau maksimalnya di 3 Besar, itu juga sudah sangat bagus,” tandas juara reli nasional 2009 dan 2010 itu. (otosport.co.id)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa