Penalti 3 SS, Subhan Masih Dulang 8 Poin di PWRC Jerman

Bagja - Senin, 27 Agustus 2012 | 10:21 WIB
No caption
No credit
No caption


Perasaan senang campur kecewa dialami Subhan Aksa di akhir Rally Jerman yang merupakan seri ke-9 WRC dan seri ke-6 PWRC, dua event reli dunia yang berada langsung di bawah naungan FIA (Federasi Otomotif Internasional). Dimana kedua kelas ini memperebutkan Juara Dunia di akhir musim nantinya.

Senang karena ia kembali membawa pulang poin. Meski hanya 8 angka, itu sangat vital untuk tetap bertarung dan bersaing di kancah Kejuaraan Dunia PWRC yang merupakan ajang resmi dan terdekat dengan WRC

Subhan mengakhiri lomba setelah menyelesaikan 15 SS (special stage) pada Minggu (26/8) di urutan ke-6. Meski kurang beruntung dari pencapaian sebelumnya sebagai runner up di Rally Acropolis dan Selandia Baru, Subhan tetap mensyukuri hasilnya karena diperoleh dengan perjuangan dan kesabaran tersendiri. Bahwa ada juga rasa kecewa tak lain karena insiden yang terjadi seusai SS9 pada Sabtu (25/8).

Saat itu ia menempati posisi 3 Besar setelah memenangi SS7 dan 8 serta finis ketiga di SS9. Sayang, posisi itu hilang begitu saja karena ia dan navigator Jeff Judd membuat kesalahan dengan kehilangan re-grouping sesuai waktu yang ditentukan. Akibatnya, ia tak diperkenankan ikut SS10, 11, dan 12 sesuai peraturan dan peringkatnya pun turun ke urutan 6.

Ia memang bisa melanjutkan lomba pada Minggu yang menggelar 3 SS terakhir. Tapi, sangat sulit mengejar ketertinggalan waktu sehingga Subhan hanya fokus untuk mempertahankan posisi ke-6 dan itu berhasil ia pertahankan hingga finis SS15 dan berarti tambahan 8 poin.

“Inilah seninya reli. Tak melulu soal kecepatan, teknologi, dan skill. Tapi, juga pengendalian emosi dan pemahaman serta ketaatan terhadap begitu banyak peraturan yang sangat detil.  Semua yang terjadi di sini jadi pelajaran sangat penting dan saya yakin akan bermanfaat di masa berikutnya, di saat lomba maupun di luarnya,” ujar Subhan yang baru kali ini beraksi di lintasan aspal.

Secara keseluruhan, punggawa Bosowa Rally Team itu tak terlalu kecewa dengan hasil akhir ini karena sebelumnya memang hanya berharap bisa finis 5 Besar. Apalagi, dari 12 kontestan regular PWRC, hanya 7 yang mencapai finis yang membuktikan beratnya ajang ini. Paling tidak tambahan 8 angka membuatnya kini mengoleksi 50 poin meski peringkatnya turun dari 3 Besar menjadi 5 Besar, prestasi yang baru kali ini ditorehkan pereli Indonesia di level kejuaraan dunia.

“Mudah-mudahan di seri berikutnya Rally Italia bisa lebih bagus dan naik peringkat lagi,” tambah Subhan yang menargetkan juara di Italia karena mayoritas rutenya berlangsung di atas gravel/tanah seperti lintasan reli di Indonesia. (otosport.co.id)

Hasil PWRC Jerman :
1. Michal Kosciuszko Mitsubishi Lancer Evo IX 4 jam 08 menit 35.4 detik P
2. Benito Guerra Mitsubishi Lancer Evo X +02 menit 00.5 detik P
3. Marcos Ligato Subaru Impreza STi +10 menit 01.8 detik P
4. Ricardo Trivino Subaru Impreza STi +17 menit 35.1 detik P
5. Nicolas Fuchs Subaru Impreza STi +19 menit 43.6 detik P
6. Subhan Aksa Mitsubishi Lancer Evo X +23 menit 59.6 detik P
7. Valeriy Gorban Mitsubishi Lancer Evo IX +43 menit 30.8 detik P
                  
KLASEMEN SEMENTARA PWRC
1.     Benito Guerra (Meksiko/poin 80)
2.     Michal Kosciuzsko (Polandia/65)
3.     Valeriy Gorban (Ukraina/58)
4.     Marcos Ligato (Argentina/52)
5.     Subhan Aksa (Indonesia/50)
6.     Nicholas Fuch (Peru/46)
7.     Ricardo Trivino (Meksiko/42)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Bagja

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa