Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Girboks Jebol, Subhan Aksa Tak Dapat Poin di Kejurnas Rally

Bagja - Senin, 9 Juli 2012 | 09:38 WIB
No caption
No credit
No caption


Jagoan di ajang internasional FIA 2012 Production World Rally Championship (PWRC) dengan posisi 3 Besar, ternyata bukan jaminan sukses di kejuaraan nasional Rally Sumatera Utara. Hal ini seperti yang terlihat pada Subhan Aksa yang baru saja usai mengikuti ajang rally di Sumatera Utara. Ia bahkan terbilang gagal karena girboks mobilnya jebol di Special Stage (SS) 6.

Masalah girboks yang rusak ini memang sudah terjadi sejak di SS pertama. Tapi ia masih bisa melanjutkan rally dan meraih hasil yang cukup bagus. Tapi di SS6, SS pertama dari 4 SS yang harus dituntaskan sepanjang Minggu (8/7), mobilnya benar-benar mengalami kerusakan total pada girboks. Ubang dan dan navigatornya yaitu Hade Mboi tak lagi bisa berbuat banyak karena persneling pacuannya sama sekali tak berfungsi.

Pasangan ini pun terpaksa ke luar arena dan merelakan posisinya sebagai pemimpin klasemen kejurnas beralih sementara ini ke Rizal Sungkar yang memenangi seri ini. Subhan yang menjuarai seri pertama Langkat Rally kini tertinggal 16 angka dari Rizal yang bercokol di puncak klasemen sementara dengan 36 poin.

“Kalau ditanya kecewa, ya pasti adalah sedikit. Tapi, secara keseluruhan saya benar-benar menikmati lomba ini. Penuh tantangan. Berbagai macam bentuk lintasan ada di sini. Benar-benar komplit dan menguji ketrampilan mengemudi maupun performa kendaraan. Soal hasil, inilah olahraga reli, kadang menang dan kadang kalah,” katanya.

Kurang fitnya pacuan Subhan sebenarnya sudah terlihat penonton saat memulai hari ketiga dengan start di SS6 Rambong Sialang C yang seluruh lintasannya becek akibat hujan deras pada malam sebelumnya. Pereli berusiaa 25 itu melakoni start tak seapik sebelumnya. Dimana 3 km selepas start, kerusakan itu terjadi tanpa bisa tertolong lagi. Subhan maupun Hade tak bisa memastikan sebab terulangnya kerusakan itu.

Terhentinya Subhan memuluskan langkah Rizal menuju gelar juara. Kedua pereli nasional inilah yang bertarung ketat di baris depan setelah jagoan tuan rumah, Ijeck/Uche, kehilangan banyak waktu akibat kerusakan girboks di SS4 dan gagal mengikuti SS5.

Tanpa Subhan, Rizal tak perlu berjuang keras menyelesaikan tiga SS terakhir dan meluncur ke podium sebagai juara. Ijeck sendiri akhirnya finis di urutan 10 sehingga masih bertahan di 4 Besar klasemen umum Kejurnas Reli  2012. (otosport.co.id)

HASIL LOMBA
1.     Rizal Sungkar/Endrue Fasa (Subaru), 2 jam 28,28 detik.
2.     Brian Green/Fleur Pedersen (Mitubishi)-- 2:32,49.
3.     Roby Harahap/Boy M (Mitsubishi)-- 2:35,05.
4.     Dade Nasution/Zulfikar Pane (Subaru)-- 2:37,57.
5.     David Saputra/Ade Ramadhan (Subaru)-- 2:39,26.
 
KLASEMEN SEMENTARA KEJURNAS 2012
1.       Rizal Sungkar (poin 36)
2.       Subhan Aksa (20)
3.       Roby Harahap (16)
4.       Ijeck (15)
5.       Harun Nasution (11)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa