Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gokart Sentul, Pencarian Bibit Masa Depan

billy - Jumat, 29 Juni 2012 | 13:55 WIB
No caption
No credit
No caption


Untuk kedua kalinya, Sentul International Karting Circuit Bogor, Jawa Barat, diramaikan oleh event HUMPUSS Kart Series (HKS) 2012 putaran 2, tepat tanggal 24 Juni 2012 yang lalu. Event HKS ini bertujuan untuk melahirkan pegokart-pegokart pemula yang cukup mempunyai talenta dan skill di bidang balap gokart, yang nantinya bisa berlanjut ke ajang balap yang levelnya lebih tinggi.

Event yang dipelopori oleh Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) dengan HUMPUSS Motorsport ini setidaknya masih menyisakan tiga seri ke depan, tanggal 23 September, 21 Oktober dan 25 November 2012 di lokasi yang sama dari total keseluruhan lima seri.

"HKS seri 2 ini ada 3 kelas, HKS Novice, Gear Box, Rotax Mayasari Cup. Untuk Rotax Mayasari cup dibikin dua, Rotax Max 125 cc dan Rotax Max 125 cc non seeded. Setiap kelasnya bakal tampil habis-habisan, mengingat persaingan para peserta lebih ketat," jelas Didi Hardianto, Ketua Penyelenggara HKS 2012.

Untuk kelas HKS Novice, seluruh pesertanya berumur antara 7-13 tahun, gokart yang digunakan pun bermesin motor bebek tapi sudah dimodifikasi menjadi bertransmisi matik. Aksi saling tempel juga terjadi antara Tirta Chandra Alim, Gerhard Lukita dan Alvito Hardianto. Namun untuk keseluruhan poin, Tirta Chandra Alim masih memimpin dengan perolehan 91 angka.

Salip menyalip juga terjadi di kelas nasional gearbox, yang semua pegokartnya diisi oleh para pelajar dan mahasiswa. Nama Romy Tahrizi dari tim Universitas Indonesia ini cukup mendominasi lomba dari pre final dan final kelas nasional gearbox, jadi wajar kalau berdiri di podium pertama dan berhak atas dua piala sekaligus, sedangkan Ario Radityo dan Adjie Nur Syamsi di peringkat kedua dan tiga.

"Mesin pakai Kawasaki Ninja 150 cc 2-stroke dengan settingan di girbok boleh dilakukan, di luar itu, skil yang menentukan. Salah racing line, lawan di belakang langsung nempel. Racenya pun di bagi dua kelas yaitu National Gearbox dan National Gearbox pelajar dan mahasiswa," ucapnya.

Nah, di kelas bergengsi rotax max 125 cc Mayasari Cup bikin balapan makin seru. Panasnya matahari membuat para pembalap jadi lebih emosi, terlihat barisan paling depan di awal-awal lap terjadi benturan kecil antara ban lawan maupun bodi gokart hingga di lap-lap terakhir.

Dan akhirnya M. Ali Akbar tetap unggul menjadi juara dengan perolehan angka sempurna, disusul Husni MS dan Irfan Fakri setelah menyelesaikan 16 putaran penuh ketegangan. "Intinya giat berlatih dan rapi menjaga racing line, kalau mesin semuanya sih sama, tinggal kita pintar-pintaran main gearnya aja," ucap Irfan F, privateer, pegokart kelas Rotax Max 125 cc. (otosport.co.id)

Hasil Lomba
HKS Novice
1. Gerhard Lukita
2. Alvito Hardianto
3. Tirta Chandra Alim

HKS Novice Rising Star
1. Joey Jonathan
2. Mika Schouten
3. Brandon Eman

Nasional Gearbox
1. Romy Tahrizi
2. Ario Radityo
3. Ajie Nur Syamsi

Rotax Max 125 cc Mayasari Cup
1. M. Ali Akbar
2. Husni Mubarak Salim
3. Irfan Fakri

Rotax Max 125 cc Mayasari Cup Non Seeded
1. Fahmi Aulia
2. Yusuf Badrudin
3. Petrus

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa