Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

10 Catatan Pencapain Yamaha Selama 40 Tahun di Indonesia

billy - Selasa, 8 Juli 2014 | 13:31 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Hadir di Indonesia Sejak 6 Juli 1974, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah berkontribusi membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia sekaligus membantu perputaran roda ekonomi nasional lewat penjualan dan pemanfaatan sepeda motornya sebagai alat transportrasi di Tanah Air.

"Dari kiprah perjalanan selama 40 tahun, bisa dibilang Yamaha meraih sukses dan telah diakui sebagai salah satu perusahaan otomotif sepeda motor yang terpandang dengan sejumlah pencapaian mengagumkan, buka Dyonisius Beti, Executive President Director PT YIMM dalam perayaan 40 tahun Yamaha di Indonesia yang berlangsung kemarin (7/7) dan dihadiri oleh President and CEO Yamaha Motor Company Japan, Hiroyuki Yanagi dan sejumlah pejabat pemerintah kementerian Indonesia.

"Tahun ini kami bangga merayakan 4 dekade usia Yamaha Indonesia yang telah melewati banyak suka dan duka serta menjadi perusahaan yang dicintai konsumen," sambung Dyonisius Beti. Berikut adalah berapa pencapaian Yamaha selama 40 tahun di Indonesia.


1. Tercatat sejak berdiri pada 1974 hingga 2014 ini Yamaha Indonesia telah memproduksi 30 juta unit motor. Jika melihat dari 5 tahun terakhir (2010 – Juni 2014), segmen matik penyumbang terbesar dalam penjualan Yamaha yaitu 52,9 persen diikuti bebek 32,5 persen  dan sport 14,6 persen.

2. Yamaha memiliki 6 pabrik di Indonesia. Dua pabrik manufacturing dan 4 pabrik khusus memproduksi spare part.

3. Pabrik kedua Yamaha yang bernama Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ) di kawasan industri KIIC Karawang yang Jawa Barat diresmikan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono beroperasi di lahan seluas 53 Ha. Kapasitas produksinya mencapai 11 hingga 13 ribu unit motor per hari.

4. Pesatnya pertumbuhan bisnisnya, kini Yamaha memiliki 7 group company dan 160 vendor yang tersebar di Jabodetabek.

5. Jumlah karyawan Yamaha saat ini terhitung kurang lebih 20 ribu orang banyaknya.

6. Dengan 6 pabrik, ratusan vendor dan dukungan puluhan ribu karyawan, kapasitas produksi sepeda motor Yamaha di Indonesia, pertahunnya bisa mencapai 3 juta unit.

7. Untuk melakukan proses penjualan, Yamaha memilik 4.300 dealer di seluruh Indonesia. Di dalamnya termasuk 6 DDS (Direct Distribution System) atau yang dikenal dengan Flagship Stores (FSS) di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Jambi, Madiun-Kediri.

8. Yamaha menjadi salah satu pelopor sepeda motor tipe skutik yang kini menjadi segmen motor paling laris di Tanah Air lewat varian Mio. Diperkenalkan perdana di tahun 2003, Mio cukup diminati dan mengukir sejarah sebagai motor produksi ke-20 juta Yamaha Indonesia tepat di Hari Kartini pada 21 April 2011.

9. Yamaha Indonesia dipercaya oleh Yamaha Motor Company Ltd Japan membuka fasilitas Global Training Center di Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ) yang merupakan pusat pelatihan untuk melatih keterampilan mekanik Yamaha dari Indonesia, Thailand, Vietnam, dan negara Asia Tenggara lainnya.

10. Memiliki pabrik terbesar yang penting di dunia bagi Yamaha global, Yamaha Indonesia  ditunjuk menjadi basis produksi untuk market domestik dan ekspor global R25.  (motor.otomotifnet.com)



Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa