Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

EICMA: Brough Superior SS100, Reinkarnasi Bertampang Nyeleneh

Dimas Pradopo - Senin, 11 November 2013 | 20:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Italia – Brough Superior SS100 hidup kembali! Motor yang mati sejak tahun 1940 ini coba dihidupkan lagi di ajang EICMA 2013. Meski masih mengandalkan desain klasik dari Brough Superior SS100 yang keluar sejak 1924, tapi motor ini hadir dengan tampilan dan mesin yang lebih modern.

Dari sisi desain, terlihat aplikasi nyeleneh dari tangki berlapis kromnya yang mirip tabung gas. Bahkan desain suspensi depan titaniumnya masih mengandalkan tipe dual-wishbone dengan per terpisah. Berbeda dengan aplikasi sepeda motor modern yang umum memakai sok depan up side down atau teleskopik.

Kesan gahar ditampilkan dari bodi café racer berlapis krom yang kontras dengan kaki-kaki berkelir hitam. Serta headlamp bulat klasik yang kini telah dipersenjatai lampu proyektor dan LED.


Sementara mesinnya mengandalkan tipe V-Twin oil cooled yang menyembur tenaga sekitar 100 dk dan torsi 125 Nm. Bobotnya sekitar 180 kg, namun material yang dipakai terbilang mahal. Sebut saja almunium-magnesium alloy dan titanium. Rem cakram Brough Superior SS100 ini saja telah mengandalkan bahan aluminium-ceramic composite dari Beringer.

Bagi sebagian orang, merek motor asal Inggris Brough Superior mungkin terdengar asing. Maklum, motor yang diproduksi sejak tahun 1924 ini memang tak terlalu membanjiri pasar layaknya produk Jepang. Tapi jangan salah, Brough Superior yang hidup pada 1924-1940 dikenal sebagai Rolls Royce versi motor karena dapat menawarkan beragam opsi bahan, hingga sudut kemiringan setang bagi pelanggannya.

Selain itu, di dunia kecepatan, merek ini juga sempat menorehkan kemenangan di ajang balap sebanyak 50 event pada dekade 20-an. Lalu, Brough Superior SS100 ini dikenal sebagai pemecah rekor kecepatan pertama dengan mencetak 210 km/jam di tahun 1927. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa