Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

EICMA: BMW Rilis S1000R, Jadi Penantang Ducati Streetfighter!

Dimas Pradopo - Kamis, 7 November 2013 | 13:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Italia – Pasar naked bike di Eropa terbilang meriah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pabrikan yang melepas motor tanpa fairing ini di sana, sebut saja Kawasaki Z1000 dan Ducati Streetfighter.

Seolah tak mau kalah, di ajang EICMA 2013 ini produsen motor asal Jerman, BWM merilis naked bike S1000R. Terdengar familiar? Pantas saja, karena motor ini merupakan versi naked dari varian superbike, S1000RR.

No caption
No credit
No caption

Berbagi platform dengan S1000RR dapat ditengok di bagian sasis aluminum alloy perimeter frame dan suspensi yang sama. Namun fitur sistem setting suspensi semi-otomatis Dynamic Damping Control sebagai standar versi S1000RR hanya ditawarkan sebagai opsional.

Eits, tapi BMW nggak asal comot mesinnya mentah-mentah. Pasalnya, ada sedikit penyesuaian yang dilakukan pada sektor mesin berkapasitas 999 cc-nya. Diantaranya revisi pada kepala silinder, profil kem, engine management dan limiter putaran mesin.


Hasil paling kentara terlihat dari keluaran tenaga yang dikurangi. Dimana S1000RR mampu menyembur daya hingga 193 dk di 11.000 rpm, sedangkan S1000R hanya 158 dk di putaran mesin yang sama. Tetapi torsinya dibuat rata, yakni 112 Nm.

Toh demikian kenikmatan berkendara tetap ditunjukan S1000R dengan aplikasi mode berkendara Rain atau Road, Automatic Stability Control dan ABS. Serta fitur opsional Dynamic Traction Control. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa