Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Tiger, Diantri Dua Builder

billy - Senin, 19 November 2012 | 16:25 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Untuk kesekian kalinya Honda Tiger ini dijadikan objek imajinasi Ipul alias Syaiful. Sempat tampil alakadar dengan pasang kaki-kaki limbah moge super gede, tapi ini kali diperbaharui dengan warna yang lebih eye catching.

Untuk konsep motor, basicnya street fighter dengan single arm. Untuk bodinya perpaduan antara tangki Honda CB1000R dan bodi belakang Ducati 848. Makin mantap saja karena ditambah pemasangan rangka tubular jadi semakin kekar tampilannya.

Untuk aplikasi kaki belakang tidak semudah pemasangan swing arm eks moge biasanya. Ditambah lagi pro arm Triumph ini model dudukan ke rangka berbentuk A. Sedangkan Tiger, aslinya berbentuk H.

Jadi, untuk pemasangan pro arm ini Ipul lebih percaya konsultasi dengan Iim Van Temon. Dia mekanik dari Karina Motor Sport (KMS). “Menggunakan sistem link yang berfungsi sebagai conecting antara pro arm Triumph dan rangka Tiger. Link menggunakan  pelat besi setebal 10 mm. Link sekaligus berfungsi sebagai dudukan footstep depan,” jelas Iim yang bengkelnya di Komplek Taman Galaxy Jl. Nusa Indah Blok U59, Bekasi Barat.

Proses ini jadi pertimbangan Iim agar tidak ada rangka atau pro arm yang dikorbankan, maksudnya dibubut. “Sayang soalnya pro arm harganya lumayan high end, he.. he.. he...” bilang Ipul.


Lebih lanjut ngomongin pelek belakang yang lebarnya 6 inci dan karet bundar yang punya ukuran 190/50-17. Membuat sproket depan mesti ditarik keluar sekitar 3 cm. “Supaya sejajar antara sproket depan dan belakang agar rantai lurus dan tidak senggolan dengan ban,” kata Iim.

Untuk aplikasi kaki depan hanya menyesuaikan as komstir upside down agar seukuran as komstir Tiger. “Untuk peleknya, diameter as roda  Hayabusa kebetulan sama dengan diameter as roda bawaam upside down GSX750R. Jadi, tinggal atur bushing kiri-kanan supaya posisi pelek dan disc center dengan upside down dan kaliper GSX750R,” bilang Wiyanto yang lebih beken dipanggil Ian. Dia builder dari Ian Motor.

Bukan semata-mata ingin tampil ala moge. Tapi, Iim berusaha menyempurnakan dimensi bodi secara keseluruhan. “Kalau terlalu besar bakal terlihat kedodoran. Nggak pas dengan ukuran mesin Tiger yang terbilang kecil untuk jenis motor sport,” jelas builder dari Jl. Darmaga, Pondok Bambu, Klender, Jakarta Timur.

Menurut Ian, harus lebih konsen detailing saat membuat bodi baru untuk Tiger ini. Hasilnya memang cukup memuaskan. Bodi yang meniru abis moge Honda CB 1000 dan Ducati 848 lebih mempunyai kesan gahar dan lebih berani dengan laburan cat warna merah marun. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Dunlop sportmax 120/70-17
Ban belakang : Pirelli Diablo 190/55-17
Spidometer : Koso
Footstep depan : Yamaha R6 2009
Silencer : Yamaha Byson Custom
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa