Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kawasaki GPX 600F, Misterius!

billy - Jumat, 2 Desember 2011 | 05:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tak terasa MOTOR Plus sudah memasuki edisi 666. Angka yang banyak dipercaya orang sebagai lambang misterius. Dekat dengan aura mistis. Karena itu pulalah, modifikasi Kawasaki GPX 600 ini diangkat.

Secara tipe, motor ini tergolong jarang. Hal itu karena bentuk standarnya yang memang agak aneh. Tapi, meskipun rupanya tidak menarik, dimensi mesin yang besar dan tenaganya yang bengis menarik untuk dijadikan bahan modifikasi.

"Karena itu, saat mulai memodifnya, punya banyak ide. Mau street fighter, cafe racer, hot rod atau muscle. Tapi, akhirnya malah jadi seperti ini, gabungan semuanya," kata Randy Halim si empunya motor.

Memang jika diperhatikan, semua unsur aliran yang disebutnya tadi sepertinya terwakilkan. "Style street fighter bisa dilihat dari motor yang terlihat simpel," kata Hendy Bolo Bolo dari John Cycle (JC) yang mengerjakan proyek 'ajaib' ini.

No caption
No credit
No caption

Untuk urusan rangka juga terlihat xtreme. Padahal sebenarnya tidak banyak ubahan yang dilakukan. "Hanya sedikit membuang rangka belakang, sedangkan depannya masih menggunakan frame aslinya," kata Hendy lagi.

Setelah ada yang dibuang, dibuatlah rangka baru menggunakan pipa. "Tapi, kami membuatnya dengan sistem bolt on saja. Persisnya di bagian bawah jok," cerita Hendy lagi. Hal itu mebuat jika ingi menggunakan kembali rangka awal bisa.

"Sebab ternyata sebenarnya rangka motor ini memang sistemnya knock down. Jadi, bagian belakang bisa dicopot dan dibuat terpisah dengan bagian depannya," tambah pemilik bengkel di Jl. Pondok Pinang Raya No. 208, Jakarta Selatan ini.

Tentu saja tangki harus dibuat ulang. Sebab bentuk aslinya terlalu cupu. "Sedikit terilhami dari model peti mati yang banyak diaplikasi modifikator H-D Amerika," ujarnya polos. Wah, dengan unsur peti mati seperti itu, semakin membuat layak untuk tampil di edisi spesial seperti sekarang ini.

Tapi, jika hanya seperti itu, motor kurang terlihat gagah. Ingat seperti di awal dijelaskan bahwa motor 4 silinder ini tampilannya parah. Kurang ganas.


"Karena itulah, di sektor kaki-kaki diganti seluruhnya. Jika dibiarkan standar kurang menyeramkan," tambah Randy yang seorang desainer interior ini.

Karena sudah moge, substitusinya harus dari moge juga. "Untuk arm pilih yang tidak terlalu besar. Sebab bodi motor tergolong ramping, sehingga arm cukup yang seperti ini saja," beber sang modifikator. Pilihannya jatuh pada lengan ayun Kawasaki ZX 6.

Begitu juga pelek. "Cukup menggunakan copotan yang sama dengan lengan ayun, maka dirasa pas. Sebab ukurannya tidak terlalu lebar," tutup Randy. Sungguh misterius dan selalu mengundang pertanyaan, "Motor apa nih?"    (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax 120/60-17
Ban belakang: Battlax 180/55-17
Sok depan: GSX-R600
Monosok: GSX-R600
Filter: K&N
Knalpot: Custom
JC: 0856-9779-0077

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa