Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Duet Kawasaki KSR 110, Thailand Punya Gaya

billy - Senin, 8 Agustus 2011 | 10:43 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Harus diakui bahwa jika ingin modifikasi Kawasaki KSR, maka apa yang ada di Thailand bisa dijadikan sebagai acuan. Hal itu karena motor ini sudah lebih dahulu hadir di sana dan mendapat sambutan positif.

Beberapa produsen variasi juga sudah membuat produk bolt-on  yang siap pakai. Satu hal lagi, bukan hal yang tabu mencoba mengadopsi style di sana. Tentu saja dengan modifikasi di beberapa sektor, tidak mengcopy 100%.

Hal itulah yang dilakukan Rian Tjah­yadi dari Aboben Variasi (AV), Denpasar. "KSR memang masuk motor hobi dan eksklusif, jadi orang-orangnya juga enggak mau ganti total. Apalagi ini masih tergolong motor baru," cuap Rian.

Dengan alasan itu, konsep modifikasi ini dibuat. Lihat saja KSR yang berwarna hitam. Karena Rian ingin tampilan yang benar-benar ngejreng maka dipilih variasi bolt-on berwarna merah.

No caption
No credit
No caption

"Selain itu warna merah juga cocok disandingkan dengan bodi yang sudah dominan hitam," kata pria berambut lurus ini lagi. Mulai dari pelindung sok, footstep, cover engine, cover tutup oli dan sejumlah pernik pendukung kecil lainnya.

Sebenarnya selain warna merah, Bikers juga mengeluarkan kelir lainnya. Misalnya saja gold, silver, titan, black dan blue. Tapi, dengan selera modifikasinya yang sudah teruji di berbagai contezt maka dipilih kelir merah. Total, tanpa ada gabungan dengan warna yang lain.

Memang dengan pemasangan sekian banyak atribut ada kesan motor terlihat ramai dan norak. Tapi, itulah pilihan yang harus dilakukan jika ingin tampil atraktif.

No caption
No credit
No caption


Beda halnya dengan KSR yang hijau. Memang terlihat lebih simpel. "Tidak terlalu banyak dijejalkan variasi, konsepnya lebih sporty," tambah pria yang buka bengkel plus toko di Jl. Hasanudin No. 48, Denpasar, Bali ini.

Pengerjaan dimulai dengan mengecat seluruh rangka. "Pakai ijo sesuai identitas Kawasaki, tidak hanya pada rangka, swing arm pun dikasih warna," cuapnya panjang-lebar.

Kesan sporty tambah kuat dengan pemasangan sepatbor model balap. "Mereknya Shark dengan desain meniru motor sport atau moge," tambahnya.

Tambah sip lagi penggunaan knalpot double muffler di bawah jok. Kesan garang dan sportynya semakin dapat. "Ini pilihan style buat mereka yang tidak mau terlalu banyak belanja variasi bolt-on," tegas pria yang rajin berkunjung ke event motor show di Thailand atau Taiwan. Jadi. sekarang sudah ada panduan memodifikasi KSR biar jadi lebih fashionable atau gaya.

No caption
No credit
No caption


Substitusi Lampu

Membuat kedua motor ini terlihat lebih gaya, Rian tidak hanya asal tempel barang. Sudah pasti ada skill modifikasi yang juga dikeluarkan. Silakan lihat pada bentuk buritan sekarang.

Rian terbukti menggunakan stop lamp LED yang merupakan variasi Ninja 250R. Ini murni trik atau hasil ide kreatif, bukan meniru apa yang sudah lazim dilakukan di Thailand.


"Sebab lampu Ninja 250R memang bisa plek dengan dudukan lampu belakang KSR," ungkap Rian lagi. Selain itu untuk urusan kabel kelistrikan lainnya juga tidak ada lagi hambatan berarti.

Karena sudah LED, maka kesan modern juga sedikit tergambar saat menyala. Trik seperti ini sangat diperlukan dalam memodifikasi supaya mendapatkan hasil yang menarik tanpa harus repot dalam urusan instalasi. Layak untuk ditiru dan dicoba.

DATA MODIFIKASI
Pelek: Variasi Thailand
Setang: Protaper
Knalpot: Variasi Thailand
Tutup tangki: KSR
Sepatbor: Shark
AV: (0361) 223926


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa