Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Karet Dumper Gir Honda Tiger

billy - Sabtu, 20 Oktober 2012 | 13:18 WIB
No caption
No credit
No caption


Jangan sepele kondisi bos dumper alias karet peredam gir di teromol Honda Tiger CW alias Tiger pelek palang. Karet peredam (bush rear wheel dumper) berjumlah 4 di sebelah kiri, sebaiknya dicek kalau ada kendala. Apalagi kalau gir belakang sudah goyang meski sudah dikencangkan, berarti karet sudah harus diganti.

Karet dumper bisa aus karena menahan baut pengunci gir belakang. Beban entakan putaran mesin saat akselerasi dan deselari bikin kekuatan karet menurun. Memang, tidak ada patokan kapan mesti diganti. Tapi, kalau gir sudah goyang dan ada jeda berputar saat pindah gigi, berarti karet harus diganti.

Problem karet dumper di pelek palang Honda Tiger lantaran si pemilik menganggap bos tahan lama enggak perlu diganti. Di pelek jari-jari juga dipasang dumper. Tapi, risiko penggantian akan jauh lebih dulu karena beban pelek palang lebih berat dibanding pelek jari-jari.

Ada cara mengatasinya yang juga biasa dilakukan bengkel umum. Pakai ring pengganjal yang dipasang di bagian luar lubang masuk baut gir belakang. Risikonya ujung paling luar baut lebih nongol sekitar 0,5 mm. Efeknya bisa kejadian bergesekan dengan ujung belakang lengan ayun.

Salah satu cara yang aman mending ganti bos dumper. Banderol empat karet penahan untuk yang versi genuine part enggak lebih dari Rp 30 ribu. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa