Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dop Pelek City Cub, Bergaya Monoblok

billy - Kamis, 11 Oktober 2012 | 14:12 WIB
No caption
No credit
No caption


Modifikasi gaya city cub sangat pas dipadukan dengan pelek monoblok. Kesan klasiknya dapat. Namun sekarang pelek monoblok jadi barang langka. Apalagi harganya juga sudah enggak masuk akal. 

Beberapa tahun lalu, sebelum ngetren virus city cub sepasang pelek berbahan aluminium ini cuma dijual Rp 700 ribuan di gerai variasi. Kini banderolnya suka-suka. Terserah yang pegang barang.

Tapi tenang, style pelek monoblok buat besutan city cub bisa disiasati dengan pasang dop plastik. “Aslinya bukan milik motor, tetapi aksesoris yang biasa dipakai buat sepeda BMX,” bilang Ulie Gumilar, artistik MOTOR Plus yang sudah pasang dop sepeda pada city cub miliknya.

Lingkar pelek BMX ukuran bagian dalamnya sama dengan roda yang pelek bebek berdiameter 17 inci. Tetapi, untuk pemasangannya biar ngeplak harus ada sedikit ubahan. “Lubang pada dof di bagian teromol diameternya dibuat harus lebih besar lagi. Jadi, harus dipangkas seukuran lingkar bagian luar teromol,” jelas Ulie lagi yang mengandalkan Honda Super Cub 800.

Untuk memangkasnya biar enggak salah ukuran, lingkar teromol harus dimal dulu ukurannya pada bibir pelek. Setelah diberi tanda dengan spidol, baru dipotong menggunakan gergaji akrilik. “Saat mengergaji jangan terburu-buru lantaran bahan plastik dop ini tipis dan rentan pecah,” urainya lagi.

Setelah itu rapikan potongan kedua sisi dop tadi dengan ampelas harus, baru kemudian bisa dipasang ke pelek city cub. Jangan lupa setelah terpasang pastikan pengunci yang mengikat dop terpasang kuat, jangan sampai lepas gara-gara putaran roda motor yang lebih cepat dari kayuhan sepeda. Bagian pengunci dop ini terdapat pada bagian sisinya.

Buruan deh berburu dop sepeda, sebeulum diborong orang!  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa