Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Pelek Jari-Jari di Yamaha V-ixion, Lebih Fleksibel

billy - Minggu, 23 September 2012 | 10:40 WIB
No caption
No credit
No caption

Otomotifnet.com - Pelek spoke alias pelek jari-jari bagi sebagian bikers dirasa punya kelebihan.
Katanya lebih fleksibel, apalagi jika motor diajak riding melintasi jalanan yang kurang mulus. So, jika bisa dibetulkan dengan cara disetel ulang tanpa harus dipres.

Namun di motor keluaran baru kebanyakan sudah mengaplikasi cashting wheel (CW) atau pelek palang. Membuatnya banyak yang kepingin kembali lagi menggunakan jari-jari. Selain fleksibel katanya agar terkesan klasik.

Atas dasar fleksibel, Cece Herwaman rela putar otak untuk memasang pelek jari-jari pada Yamaha V-ixion. Apalagi dalam proses pemasangan perlu penyesuaian dilakukan.

“Memang awalnya lebih ribet, tapi jika sudah sekali pasang, akan terasa lebih mudah,” ungkap kepala mekanik Mitra2000, penyalur merek TDR itu.

Kita mulai dari pelek belakang. Teromol belakang menggunakan milik Yamaha RX-King. “Sebenernya juga bisa pakai teromol Yamaha Scorpio, tapi agak susah mencarinya,” bilang pria asal Sumedang, Jawa Barat ini.

Selain itu, panel atau hub juga dari RX-King. Termasuk naf dan karet gir juga harus aplikasi milik Yamaha RX-King agar sesuai dengan teromol.

Pasang Pelek Jari-Jari di Yamaha V-ixion, Lebih Fleksibel
Tigor
Pasang Pelek Jari-Jari di Yamaha V-ixion, Lebih Fleksibel
Karena teromol mengaplikasi milik Yamaha RX-King, tentu dalam proses pemasangan harus ada penyesuaian. Seperti menambahkan pengganjal yang berfungsi sebagai bosh yang dimasukkan ke dalam baut as roda.

Ukurannya untuk bosh sebelah kanan 8,5 mm sedangkan pada bagian kiri tebalnya 7,9 mm. Bosh yang dipasang tepat di sebelah swim arm itu bermanfaat untuk menyesuaikan titik senter ban agar ban tidak miring.

Nah, sekarang pada bagian depan. Teromol rem V-ixion diganti dengan teromol milik RX-King juga. Penyesuaiannya cocokkan dudukan bearing.

 
Bearing tetap mengandalkan bawaan asli V-ixion agar pas dengan diameter as roda depan.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa