Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Gigi Roller Tensioner Honda Blade 110R Ompong

billy - Senin, 27 Agustus 2012 | 13:23 WIB
No caption
No credit
No caption


Tensioner Honda Blade 110R ternyata sama dengan Honda Grand atau Legenda. Penstabil rantai keteng itu pakai dua roller yang posisinya ada di atas dan bawah. Ditambah di tengah, antara gir keteng ada roller penstabil. Sedang sistem penekannya selain pakai per juga andalkan tekanan oli.

Peranti tersebut beda dengan generasi Supra X125 yang mirip Suzuki Shogun atau Jupiter-Z. Penegang rantai model batang dan dilengkapi tensioner model batang yang lebih kaku. Dan bila rantai kendur, otomatis batang tensioner menekan supaya tidak naik-turun.

Tensioner Blade 110R sendiri dilengkapi roller-roller berbahan dasar karet. Sehingga ada batasan yang mesti diketahui lantaran ketahanan roller bergerigi itu maksimal cuma sampai 8.000 rpm.

Makanya kalau sudah tak bergerigi alias ompong segera diganti. Kalau tidak segera, ketengangan rantai sulit diatur. Langsam motor enggak normal hingga berefek penurunan tenaga juga boros bensin akibat kendurnya rantai keteng, dan bikin putaran kem jadi enggak stabil. Buka-tutup klep sudah enggak sesuai perhitungan.

Solusinya rantai kenteng juga perlu dirawat. Makanya jika part ini sudah minta diganti, usahakan jangan sampai berlarut-larut. Sebab selain mesin tidak enak dipakai, di dalam silinder blok juga terdengar suara gemericik.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa