Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Repair Sokbreker Tabung, Jangan Lupa Isi Ulang!

Editor - Sabtu, 28 Juli 2012 | 13:55 WIB
No caption
No credit
No caption

Banyak orang beranggapan kalau sok belakang yang dilengkapi tabung berisi gas tidak bisa diperbaiki kalau rusak. Jadi, setelah rusak pun kudu beli peredam kejut model baru. Wah, pastinya mahal dong. Eit, tenang dulu. Sebab itu anggapan yang salah!


“Sok model tabung ini masih bisa direpair kok. Sama saja dengan model sok lainnya,” sebut Aziz Sokbreaker di  Jl. HOS Cokroaminoto, No. 33, Bates, Ciledug, Tangerang.

Kerusakaan yang dialami pun, menurut Aziz tak beda dengan sok biasa. Paling hanya sekitar seal yang sudah aus akibat tergesek kotoran. Sehingga, bikin oli sok jadi rembes keluar. Akibatnya, peredaman tak maksimal. Sok, seakan mati.

"Proses penggantiannya juga biasa. Hanya saja ketika seal dilepas dan tabung dibuka, udara ditabung keluar seperti buih karena bercampur oli,” sebutnya.

Nah, ini dia yang jadi kuncian. Setelah diperbaiki, jangan lupa untuk mengisi ulang gas ke dalam tabung. Biasanya, di bagian dasar tabung dilengkapi dengan pentil buat masukan udara atau gas ke dalam tabung itu.

"Mengisinya harus pakai Nitrogen lagi. Toh, mencari gas Nitrogen juga mudah sekarang. Bisa saja pakai nitrogen yang buat isi ban motor atau mobil,” sebut pria yang kental logat Betawi ini.

Tanpa diisi gas, sok pun malah seperti sok mati karena rebound yang dihasilkan terlalu cepat. Selain itu, bisa timbulkan bunyi seperti logam beradu. Yup, bletak... bletak.

Sebenarnya bisa diisi udara seperti oksigen. Tapi, kualitas redaman tak sebagus nitrogen. Oh ya, perlu diperhatikan tekanan gas yang dipakai. Semakin tinggi tekanan yang diisi maka kerja sok semakin keras. Sebaliknya kalau telalu rendah, sok jadi lembut.


Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa